tirto.id - Deskripsi pengalaman kerja menjadi salah satu syarat pendaftaran PPPK Teknis 2022. Setiap instansi PPPK Teknis, meminta pelamar untuk membuat deskripsi pengalaman kerja yang relevan dengan jabatan fungsional.
"Scan surat keterangan memiliki pengalaman paling singkat 2 (dua) tahun di bidang kerja yang
relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar sesuai ketentuan," demikian tertulis dalam syarat PPPK Teknis 2022.
Dokumen kelengkapan lain yang harus diunggah sebagai berikut:
1. Pasfoto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah;
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman
kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih
berlaku;
3. Scan Ijazah asli;
4. Scan Transkrip Nilai asli;
5. Scan surat keterangan memiliki pengalaman paling singkat 2 (dua) tahun di bidang kerja yang
relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar sesuai ketentuan;
6. Scan Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang ditandatangani dan dibubuhi meterai/e-meterai;
7. Dokumen lainnya sesuai ketentuan persyaratan khusus Jabatan Fungsional yang dilamar; dan
8. Scan dokumen/surat keterangan resmi dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang
menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya. *)
Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja PPPK Teknis 2022
Berikut ini contoh deskripsi pengalaman kerja untuk jabatan fungsional Ahli Pertama - Pranata Komputer di Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Deskripsi pekerjaan untuk jabatan fungsional tersebut adalah:
"Melaksanakan kegiatan teknologi informasi berbasis komputer yang meliputi tata kelola dan tata laksana teknologi informasi, infrastruktur teknologi informasi, serta sistem informasi dan multimedia sesuai uraian kegiatan jenjang Ahli Pertama."
Anda bisa mengganti contoh deskripsi pengalaman kerja ini sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan dengan pengalaman kerja yang pernah Anda dapatkan.
Saya Ratna Sekarsari dengan pengalaman bekerja selama 5 tahun sebagai seorang IT Support Analyst di perusahaan Sinar Gemilang Group.
Di perusahaan tersebut saya bertugas untuk menyediakan pengaturan teknis, dukungan dan saran kepada para pengguna teknologi informasi dengan tujuan agar mereka mampu memperbaiki dan menyempurnakan teknologi.
Saya juga harus memastikan segala pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi di perusahaan tersebut berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai harapan.
Salah satu pencapaian terbesar saya yaitu saya mampu menciptakan sistem untuk menjaga keamanan data di perusahaan tempat saya bekerja.
Tak hanya itu, saya juga selalu melakukan cek dan update setiap pembaharuan sistem operasi maupun aplikasi yang dijalankan oleh user.
Saya menjadi salah satu orang yang diandalkan dalam tim karena kemampuan saya dalam menganalisis masalah teknologi dan memberikan solusinya.
Editor: Addi M Idhom