Menuju konten utama
Siaran Pers

Coca Cola Bersama CGV Cinemas Rilis Coca-Cola 'Reborn Area'

Coca-Cola bersama CGV Cinemas meluncurkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di 5 (lima) lokasi CGV Cinemas di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Coca Cola Bersama CGV Cinemas Rilis Coca-Cola 'Reborn Area'
Coca Cola Reborn Area. foto/Pers Rilis Coca Cola Indonesia

tirto.id - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan, Coca-Cola bersama CGV Cinemas meluncurkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di lima lokasi CGV Cinemas di Jakarta pada Senin (11/12/2023).

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Coca-Cola untuk menginspirasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas pakai.

Dalam mewujudkan visi global World Without Waste, Coca-Cola bersama para mitra terus berupaya untuk membantu mencari solusi terkait dengan permasalahan kemasan plastik bekas pakai.

Melalui tiga pilarnya, yakni Design-Collect-Partner, Coca-Cola berkomitmen untuk membantu mengumpulkan setara dengan setiap botol yang dijual pada tahun 2030 sekaligus demi mendukung terciptanya ekonomi sirkular loop tertutup dalam pengelolaan kemasan bekas pakai di Indonesia.

Triyono Prijosoesilo, Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, menyampaikan rasa bangganya karena bisa bermitra dengan CGV Cinemas.

“Kami bangga bermitra dengan CGV Cinemas untuk menghadirkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di mana masyarakat dapat menemukan drop box kemasan botol plastik PET bekas pakai," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Selasa (12/12/2023).

Melalui program ini, lanjut Triyono, ia menegaskan komitmen dalam mendorong lebih banyak orang untuk mendaur ulang dan membantu memberikan kehidupan kedua bagi botol plastik PET bekas pakai.

"Botol-botol plastik yang kita gunakan bukanlah sampah dan masih memiliki nilai. Kami melihat antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton film di bioskop dan juga jaringan CGV Cinemas yang luas di Indonesia akan menjadi sebuah kolaborasi yang cukup kuat,” jelas Triyono.

Coca Cola Reborn Area

Coca Cola Reborn Area. foto/Pers Rilis Coca Cola Indonesia

Berdasarkan data Gabungan Pemilik Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), ada gambaran menjanjikan mengenai peluang untuk mendorong sejumlah program edukasi dan peningkatan kesadaran langsung di sumbernya.

Dengan meningkatnya jumlah penonton film di Indonesia yang mencapai 54,07 juta pada tahun 2022, bioskop menjadi media yang ampuh dalam menciptakan kesadaran yang berdampak.

Mandati Putri, Marketing Communications Head of CGV Cinemas saat acara peluncuran Coca-Cola ‘Reborn Area’ di CGV Cinemas Central Park pada Senin (11/12/2023) mengatakan, pascapandemi, masyarakat mulai kembali memenuhi bioskop di ibu kota.

"Saat menonton bioskop, biasanya penonton akan membeli makanan dan minuman sebagai teman menonton. Tidak jarang, kami menemukan bekas makanan dan minuman yang tertinggal di kursi penonton. Dengan adanya inisiatif Coca-Cola ‘Reborn Area’ ini akan membantu kami dalam upaya untuk terus mengedukasi masyarakat dalam memilah dan membuang sampah pada tempatnya," kata Mandati.

"Terutama dengan adanya drop box, kemasan botol plastik bekas pakai akan terpilah dengan baik sehingga dapat didaur ulang agar kembali memiliki nilai ekonomi dan tidak berakhir menjadi sampah,” lanjutnya lagi.

Coca Cola Reborn Area

Coca Cola Reborn Area. foto/Pers Rilis Coca Cola Indonesia

Dengan setiap pembelian 2 (dua) botol Coca-Cola dan 1 (satu) popcorn CGV disertai dengan mengunggah foto dan tag akun Instagram @cocacola_id dan @cgv.id, maka konsumen akan berkesempatan untuk mendapatkan merchandise khusus.

Coca-Cola ‘Reborn Area’ akan hadir di CGV Cinemas Grand Indonesia, Central Park, Pacific Place, FX Sudirman dan Aeon Mall JGC. Coca-Cola menyediakan 2 (dua) kotak pengumpulan kemasan botol plastik bekas pakai (drop box) di setiap lokasinya selama periode Desember 2023 - Maret 2024.

Botol plastik PET bekas pakai yang telah terkumpul melalui program ini akan digunakan sebagai bahan baku yang kemudian dikirimkan oleh Yayasan Mahija Parahita Nusantara ke fasilitas daur ulang Amandina Bumi Nusantara, kedua entitas yang didirikan oleh Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP) bersama Dynapack Asia.

Selanjutnya botol PET bekas pakai akan diproses dan diubah kembali menjadi botol baru yaitu kemasan 100% plastik PET daur ulang, tidak termasuk tutup dan label, untuk produk minuman Coca-Cola di Indonesia.

Penulis: Tim Media Servis