Ciputra Meninggal Dunia, Siapa Penerus Bisnisnya?

Oleh: Antara - 28 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ciputra berpesan agar generasi ketiga di dalam bisnis Grup Ciputra aktif dalam mengelola perusahaan.
tirto.id - Founder sekaligus Chairman Ciputra Group, Ir. Ciputra meninggal dunia. Selanjutnya, bisnis Ciputra Group akan dijalankan oleh generasi ketiga dari keluarga Ciputra.

Anak pertama Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata menyampaikan generasi ketiga keluarga Ciputra siap untuk menjalankan bisnis grup ke depan.

"Generasi ketiga sudah ada yang aktif di perusahaan, dan itu memang keinginan bapak (Ciputra) bahwa keluarga tetap ikut aktif meski ada juga yang profesional," ujar Rina yang juga menjabat sebagai Managing Director Grup Ciputra di Jakarta, Kamis (28/11/2019), seperti dilansir dari Antara.

Rina mengungkapkan, mendiang Ciputra sudah berpesan agar generasi ketiga di dalam bisnis Grup Ciputra aktif dalam mengelola perusahaan.

"Ciputra tetap ingin anggota keluarga aktif dan menduduki jabatan penting di perusahaan," katanya.

Ia menambahkan, sejauh ini belum ada perubahan dalam struktur organisasi yang sudah berjalan sepeninggal Ciputra. Sejauh ini, Ciputra memang sudah tidak lagi terlibat langsung dalam bisnis, dan hanya menjabat sebagai komisaris.

Selama ini, kata Rina, Ciputra bertugas memberikan saran dan arahan untuk setiap proyek yang akan dilaksanakan perusahaan.

"Seperti kita tahu Pak Ci menjabat sebagai komisaris utama, jadi tidak langsung terjun dalam bisnis. Namun kami kehilangan navigator. Ayah saya (Ciputra) adalah komisaris utama, ke bawahnya tidak ada perubahan," katanya.

Bisnis Ciputra Group yang didirikan pada tahun 1981 kini membentang dari properti, kesehatan, media dan telekomunikasi, asuransi, hingga pendidikan. Grup usaha ini go public pada tahun 1994, dengan perusahaan induk PT Ciputra Development Tbk, serta 2 anak perusahaan PT Ciputra Surya Tbk, dan PT Ciputra Property Tbk.

Ciputra meninggal dunia pada hari Rabu, 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapura. Pendiri organisasi Real Estate Indonesia itu lahir di Parigi, Provinsi Sulawesi Tengah, pada 24 Agustus 1931.

Ciputra disemayamkan di Ciputra Artprenuer Jakarta, dan akan dikebumikan di pemakaman keluarga, Desa Sukamaju Jonggol, Jawa Barat pada Kamis 5 Desember 2019.


Baca juga artikel terkait CIPUTRA atau tulisan menarik lainnya Antara
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Penulis: Antara
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight