Chelsea Diklaim Sepakat Lepas Maurizio Sarri ke Juventus

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Chelsea siap melepaskan Maurizio Sarri untuk menjadi pelatih Juventus.
tirto.id - Chelsea diklaim sudah sepakat untuk melepaskan Maurizio Sarri ke Juventus. The Blues melunak kepada juara Liga Italia setelah dijanjikan biaya kompensasi sebesar 5 juta paun. Chelsea sendiri belum menentukan pelatih baru mereka sepeninggal Sarri.

Keputusan Chelsea membiarkan Sarri meninggalkan Stamford Bridge kemungkinan besar akan diumumkan pada Jumat (14/6/2019) waktu setempat.

"Tidak ada konfirmasi resmi yang bisa diterima dari Chelsea, tetapi Sarri diperkirakan akan menandatangani kesepakatan tiga musim untuk menjadi juara Serie A pada Jumat," tulis Sky Sports.

The Blues sendiri memiliki permasalahan kompleks menjelang musim baru, bukan sekadar bakal mencari pelatih baru.

Musim depan, untuk pertama kalinya klub London tidak akan tampil bersama Eden Hazard, sosok yang menjadi salah satu kunci tim dalam tujuh tahun terakhir. Sang gelandang resmi bergabung ke Real Madrid dan diperkenalkan ke publik Santiago Bernabeu pada Rabu (13/6/2019).

Selain itu, Chelsea juga tengah terkena larangan transfer oleh FIFA. Hukuman tersebut berlangsung selama dua periode transfer, musim panas ini dan musim dingin mendatang. Chelsea sudah mengajukan banding ke CAS, tetapi jika tidak ada keputusan baru, mereka tidak mungkin mendatangkan pemain baru di bursa transfer.

Segala masalah ini bakal berbahaya untuk Chelsea. Terutama soal kepergian Sarri. Pasalnya, meski hanya melatih The Blues selama semusim, Sarri sudah terbukti berhasil mengantarkan gelar juara Liga Eropa untuk tim London tersebut.

Sarri sendiri tidak pernah benar-benar mendapatkan dukungan 100 persen dari fans Chelsea pada musim pertama (dan mungkin terakhirnya) di Chelsea. Awalnya, semua berjalan benar ketika The Blues tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan awal Premier League.

Tetapi pada bulan Januari hingga Februari 2019, Chelsea menelan tiga kekalahan dari empat pertandingan. Ini termasuk catatan 6-0 melawan Manchester City. Belum lagi kekalahan 2-0 dari Manchester United di Piala FA dan empat gol tanpa balas atas Bournemouth.

Namun, pada akhirnya, Sarri yang tertawa belakangan. Bukan hanya memberikan gelar Liga Eropa untuk The Blues, dia juga membawa klub tersebut finis di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris, di atas Tottenham, Arsenal, dan Manchester United.



Siapa Pantas Gantikan Sarri?

Setelah Sarri pergi, Chelsea bakal punya pekerjaan besar untuk memilih penggantinya. Ada beberapa sosok yang berpeluang. Yang paling mungkin adalah Frank Lampard, yang hingga kini masih berstatus sebagai juru taktik Derby County.

Lampard memiliki ikatan kuat dengan Chelsea. Ia besar di klub tersebut, dihormati fans, bahkan sampai saat ini adalah pencetak gol terbanyak klub London tersebut. Dipilih Chelsea bisa membuat Lampard mengikuti jejak kesuksesan Pep Guardiola di Barcelona atau Zinedine Zidane di Real Madrid.

Ada sosok lain, Rafael Benitez yang nasibnya di Newcastle United masih belum pasti. Namun, Benitez bukan pilihan ideal, terutama karena "perseteruannya" dengan fans Chelsea. Masa lalu Benitez di Liverpool tidak dapat dilupakan penggemar Stamford Bridge, meski ia pernah menjabat pelatih sementara The Blues.

Pelatih Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo juga berpeluang masuk radar Chelsea. Dia sudah membuktikan kapastitasnya dengan membawa Wolves sebagai tim penakluk raksasa musim lalu. Bergabung ke Chelsea bakal menjadi langkah penting dalam karier sang juru taktik.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus