Cegah Virus Corona: Joko Anwar Imbau Sineas Tak Lakukan Syuting

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 26 Maret 2020
Melalui akun media sosialnya Joko Anwar mengimbau agar sineas menghentikan aktivitas syuting untuk mengantisipasi virus Corona.
tirto.id - Joko Anwar mengimbau kepada para sutradara dan produser film, FTV dan iklan agar sementara waktu menghentikan semua kegiatan syuting guna mencegah penyebaran virus corona, COVID-19, Kamis (26/3/2020).

"Tolonglah #stopsutingdulu. Film bisa menunggu. Itu produser/sutradaranya cari apa sih?" tulis Joko Anwar di akun media sosial Twitter miliknya.

Tulisan Joko Anwar tersebut ia unggah untuk mengomentari postingan sutradara "My Stupid Boss", Upi yang memperlihatkan masih ada orang yang nekat untuk tetap memproduksi film atau sinetron.

"Bubarin kalau di daerah tempat tinggal kalian masih ada yang dipergunakan untuk shooting! Tegur langsung atau minta petugas keamanan, atau Pak RT untuk bubarin! Keselamatan warga, keselamatan kalian, dan keluarga kalian yang utama!," kata Upi.
Sutradara film Gundala itu juga menulikan bahwa para sineas selalu membuat karya yang bisa menggugah perasaan penontonnya. Tetapi hal tersebut tidak akan mampu terwujud jika sang sineas justru mati rasa.

"Sineas kalau bikin film itu selalu mencoba menggali perasaan penonton. Gimana mau menggali perasaan penonton kalau dia sendiri enggak punya perasaan dengan terus syuting dan membahayakan kesehatan orang banyak? Tolonglah #stopsutingdulu," jelas Joko.

Melansir laman Antara News, dalam masa jaga jarak sosial, social distancing, masyarakat diharapkan untuk berada di rumah saja guna mencegah penyebaran virus corona. Kegiatan yang melibatkan berkumpulnya empat orang lebih, diharapkan tidak terjadi.

Sayangnya, kegiatan syuting masih ada yang berjalan, sebelumnya Youtuber Ria Ricis juga nekat tetap melakukan syuting untuk kebutuhan konten YouTube-nya. Ricia pun sempat didatangi dan diperingatkan oleh warga setempat untuk membubarkan kegiatan tapi tidak dihiraukan dengan alasan sudah mendapat izin.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight