Cardiff City Tunda Pembayaran Transfer Emiliano Sala ke Nantes

Oleh: Fitra Firdaus - 28 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cardiff City dilaporkan Telegraph bakal menunda sisa pembayaran transfer Emiliano Sala ke Nantes hingga ada kepastian soal kecelakaan yang menimpa sang penyerang.
tirto.id - Cardiff City dilaporkan menunda pembayaran uang transfer Emiliano Sala ke Nantes. Cardiff semestinya menyetorkan 17 juta Euro untuk sang penyerang yang mengalami kecelakaan pesawat pekan lalu.

Emiliano Sala resmi dibeli Cardiff City dari Nantes dengan memecahkan rekor transfer klub yang ditangani Neil Warnock tersebut. Namun, belum sempat Sala mengenakan kostum The Bluebirds, kecelakaan menimpanya ketika menumpang pesawat Piper PA-46 Malibu yang dikemudikan pilot David Ibbotson.

Pesawat tersebut hilang dari radar ketika berada di utara Laut Alderney. Sempat terjadi pencarian selama 80 jam yang melibatkan tiga pesawat terbang, lima helikopter, dan dua sekoci. Namun, Kamis (24/1/2019) Kepolisian Guernsey yang bertanggungjawab di wilayah tersebut mengumumkan, pencarian berakhir.

Cardiff City berupaya mendapatkan kejelasan terkait kecelakaan tersebut. The Bluebirds sendiri sudah menegaskan, tidak campur tangan dengan pengaturan penerbangan Emiliano Sala.

Mereka juga mempertanyakan keputusan penerbangan sang penyerang dengan "pesawat bermesin tunggal buatan 1984 dan dikemudikan seorang insinyur gas paruh waktu."

"Ssekarang informasi baru akan datang setiap hari karena kami terus menyelidiki rantai peristiwa dan penyebab kecelakaan itu. Kami sedang melihat kemungkinan kelalaian yang mungkin menyebabkan kecelakaan itu," demikian pernyataan Cardiff dikutip Telegraph pada Jumat (25/1).

Nantes Enggan Berbicara
Dokumen transfer Emiliano Sala sendiri sudah diajukan kepada Federai Sepak Bola Inggris, FA, dan FIFA. Namun, terkait pembayaran uang transfer, Cardiff menyebutkan, hingga pihak berwenang menetapkan fakta-fakta yang ada, uang yang ada di tangan mereka, tidak akan diserahkan ke Nantes.

"Cardiff akan membayar apa pun yang jatuh tempo, begitu pihak berwenang telah menetapkan semua jawaban dan dapat menentukan semua fakta", kata seorang sumber kepada Telegraph.

Mengingat biaya transfer sudah disepakati sebelumnya, Nantes mungkin saja akan bergerak melalui jalur hukum jika Cardiff benar-benar membekukan sisa pembayaran. Namun, Waldemar Kita, presiden klub Liga Perancis tersebut, enggan berbicara banyak.

Dikutip Marca, Kita menyebutkan, "Saat ini kami tidak akan berbicara tentang uang dalam situasi yang dramatis semacam ini. Sekarang, kami tidak akan mengklaim apa pun, kita lihat saja nanti."

Bordeaux Berhak atas 50 Persen Transfer
Di sisi lain, ada pihak ketiga yang berkepentingan dengan transfer Emiliano Sala. Mereka adalah Girondins de Bordeaux, yang berhak atas 50 persen biaya transfer Sala. Sebelum tampil di Nantes, Sala pernah berseragam klub tersebut, meski lebih banyak menghabiskan waktu di klub lain sebagai pemain pinjaman.

Terkait hal ini, media Presse Ocean, mengklaim Bordeaux sudah meminta pembayaran 50 persen transfer Emiliano Sala kepada mereka. Namun, hal tersebut langsung dibantah klub Liga Perancis itu dalam pernyataan khusus.

"FC Girondins de Bordeaux secara resmi menyangkal informasi yang diterbitkan di surat kabar Presse Océan bahwa klub mengklaim 'hak' terkait transfer Emiliano Sala. Dalam keadaan menyedihkan hari-hari ini, Girondins de Bordeaux menyatakan dukungan untuk keluarga dan teman-teman Emiliano Sala," tulis Bordeaux dalam laman resmi mereka.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus