Cara Siaran Langsung Atau Live Streaming Video Game di Facebook

Oleh: Patresia Kirnandita - 17 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pengguna Facebook yang suka main game atau gamer kini bisa siarkan aktivitas gaming-nya secara live streaming langsung dari FB.
tirto.id - Facebook (FB) belum lama ini merilis fitur yang memungkinkan penggunanya yang suka nge-game atau gamer, untuk melakukan siaran langsung atau live streaming saat bermain game langsung dari platform media sosial itu.

Fitur streaming video game itu juga memungkinkan gamer berbagi pengalaman gaming bersama teman, pengikut, dan penggemar melalui Facebook.

Salah satu alasan mengapa Facebook merilis fitur itu karena ada peluang luar biasa di sana, lantaran lebih dari 700 juta orang bermain game, menonton video game, atau berinteraksi dalam grup game di FB.

Facebook mengatakan bahwa Facebook Gaming kini sepenuhnya terintegrasi di Streamlabs OBS dengan dukungan API penuh. Kreator yang menggunakan Streamlabs OBS bisa melakukan streaming game favorit mereka melalui Facebook dengan berbagai fitur yang didukung.

Sebelum memulai streaming, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, sebagaimana dikutip dari laman FB Help. Pertama, gamer memilih encoder. Idealnya, menggunakan encoder alat khusus seperti Wowza ClearCaster, akan memberikan pengalaman streaming paling andal.

Bila encoder alat tidak ada, encoder perangkat lunak lainnya yang bisa diunduh antara lain OBS, XSplit, dan Streamlabs OBS. Perlu diketahu, bila mengunduh dan menggunakan encoder perangkat lunak, pastikan hanya menjalankan perangkat lunak yang diperlukan untuk merasakan pengalaman streaming optimal.

Berikutnya dan yang tak kalah penting, yaitu membuat halaman kreator video game. Adapun halaman ini akan digunakan untuk melakukan streaming dan membangun pemirsa. Ini adalah tempat mengatur klip, menyiarkan siaran lama, dan mengunggah konten yang relevan untuk penggemar.


Berikut cara membuat halaman kreator game di Facebook:

  1. Buka Kreator Halaman Game.
  2. Masukkan nama untuk Halaman.
  3. Pilih Lanjutkan.
  4. Pilih Unggah Foto Profil atau Lewati.
  5. Pilih Unggah Foto Sampul atau Lewati.
  6. Pilih Kirim Notifikasi untuk memberi tahu teman tentang Halaman baru, atau pilih Lain Kali untuk melewati langkah ini.

Dan berikut ini adalah cara siarkan langsung atau streaming video game di Facebook sebagaimana dikutip dari laman Facebook Help:

  1. Buka Portal Kreator.
  2. Klik Buat Streaming Siaran Langsung.
  3. Di Pilih tempat mengunggah siaran langsung, pilih Halaman Kreator Video Game.
  4. Salin Stream Key dan/atau Server URL, lalu tempel ke Pengaturan perangkat lunak streaming. Jangan membagikan Stream Key. Siapa pun yang sudah mengaksesnya bisa streaming video di unggahan.
  5. Di Layanan, pilih Siaran Langsung Facebook.
  6. Buka perangkat lunak streaming dan mulai streaming. Anda akan melihat tinjauan streaming Anda di Facebook, tempat Server URL dan Stream Key ditampilkan.Di Portal Kreator, tandai game dan tulis deskripsi untuk pengikut Anda.
  7. Klik Siarkan Langsung untuk memulai streaming.

Fitur streaming video game di FB sebenarnya bukan hal yang baru, lantaran sudah ditawarkan oleh platform lain macam Twitch bahkan YouTube. Namun untuk di Facebook ini adalah hal yang benar-benar baru.



Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Patresia Kirnandita
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Patresia Kirnandita
Penulis: Patresia Kirnandita
Editor: Ibnu Azis
DarkLight