tirto.id - Setelah ada imbauan larangan mudik 2020, masyarakat yang sudah terlanjur memesan tiket harus membatalkan dan meminta dana tiketnya kembali (refund).
Beberapa aplikasi yang melayani masyarakat dalam pembelian tiket pun mulai memberikan langkah-langkah cara refund.
Tiga aplikasi layanan tiket biro perjalanan, yaitu KAI, Tiket.com dan Traveloka memberikan langkah daring untuk mempermudah masyarakat memperoleh dananya kembali. Berikut langkah-langkahnya:
Refund KAI:
- Buka aplikasi KAI, pilih Menu My Trips. Lalu pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.
- Pada menu E-Ticket atau pada tiket yang ingin dibatalkan itu, klik "Pembatalan". Tombol "Pembatalan" hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus lunas/paid.
- Pilih Nama Penumpang. Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta.
- Lanjutkan. Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju.
- Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund), kemudian lanjutkan proses pembatalan.
- Konfirmasi. Pada halaman ini, pastikan pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang dipilih pada tahap sebelumnya.
- Berhasil
Refund Tiket.com:
- Log In atau masuk ke akun tiket.com. Jika belum memilki akun, Daftar menggunakan email yang digunakan saat pemesanan.
- Ke My Order. Lalu cari pesanan yang ingin di-refund. Ketuk ikon tiga titik dan pilih Refund atau klik Lihat Detail di pesanan yang ingin di-refund, setelah melihat detailnya, pilih Refund.
- Pilih alasan kenapa menginginkan refund penerbangan.
- Baca Syarat & Ketentuan Refund yang disediakan oleh Maskapai dan tiket.com lalu ketuk setuju untuk melanjutkan permintaan Refund.
- Pilih dan konfirmasi penumpang yang menginginkan Refund.
- Periksa Detail Pembayaran. Periksa perkiraan saldo refund. Jika menggunakan metode pembayaran lain selain Kartu Kredit, maka perlu mengisi detail akun bank.
- Periksa detail Refund, pastikan semua informasi yang diberikan sudah benar lalu ketuk “Submit Refund”
Refund Traveloka:
- Login ke akun Traveloka. Jika belum memiliki akun Traveloka.com, registrasi terlebih dahulu dengan alamat email yang digunakan ketika melakukan pemesanan. Setelah itu silakan log in di www.traveloka.com/login.
- Masuk ke menu Pesanan Saya.
- Cek detil pesanan yang ingin di-refund.
- Menyetujui syarat dan ketentuan.
- Isi formulir refund.
- Centang kotak di sisi “Ya, saya setuju” lalu klik tombol Submit Refund untuk menyerahkan pengajuan refund.
Cara melihat status permohonan refund:
Status refund dapat dipantau melalui halaman Detail Pesanan Saya, caranya dengan melakukan langkah 1 sampai 3 di atas.
Proses refund voucher hotel butuh waktu kurang dari 30 hari kerja, sedangkan refund tiket pesawat butuh waktu kurang dari 90 hari kerja.
Namun, tak menutup kemungkinan proses refund selesai kurang dari 7 hari kerja, tergantung pihak hotel atau maskapai.
Penulis: Febriansyah
Editor: Dhita Koesno