Menuju konten utama

Cara Refund Tiket Bus di Traveloka dan Pegipegi

Berikut ini cara refund atau pengembalian uang tiket bus yang dipesan memalui aplikasi Traveloka dan Pegipegi. 

Cara Refund Tiket Bus di Traveloka dan Pegipegi
Ilustrasi tiket pesawat. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Rencana perjalanan kerap kali dibatalkan karena suatu hal yang tak terduga atau mendadak, apalagi pada masa pandemi membuat orang berpikir dua kali untuk berpergian jarak jauh.

Namun, apa jadinya jika tiket bus sudah dipesan dari jauh-jauh hari? Refund tentu merupakan pilihan utama yang akan dilakukan.

DAMRI sebagai bus transportasi umum milik BUMN beberapa waktu lalu menginformasikan kepada pelanggan bahwa tiket bus yang sudah dibeli bisa dilakukan refund dengan melakukan cara sebagai berikut:

1. Hanya dapat dilakukan di Loket DAMRI

2. Dapat Dilakukan Maksimal 6 jam Sebelum Jadwal Keberangkatan

3. Membawa Identitas Diri

4. Dikenakan mekanisme administrasi sesuai ketentuan yang berlaku

Lantas, bagaimana jika masyarakat melakukan pembelian di aplikasi tiket online? Apakah tiket bus yang sudah dipesan dapat dilakukan refund?

Aplikasi pemesanan tiket online seperti Traveloka dan Pegipegi memberikan kebijakan untuk pelanggannya, berikut uraiannya:

Traveloka

Bagi pelanggan Traveloka, sebelum melakukan refund, pelanggan dapat cek terlebih dahulu apakah opsi refund tersedia pada tiket Anda, berikut langkahnya:

1. Pergi ke Pesanan.

2. Buka e-tiket yang ingin Anda refund atau reschedule.

3. Temukan Kebijakan Pembatalan (refund) dan Kebijakan Pengubahan Jadwal (reschedule) di bagian bawah halaman. Baca kebijakan tersebut.

Untuk mengajukan refund atau reschedule pesanan bus, pelanggan dapat menghubungi kontak operator bus terkait.

Pelanggan dapat menemukan detail kontak operator bus pada e-tiket yang dikirim ke email pelanggan atau pada e-tiket di Traveloka App, di bagian Kebijakan Pembatalan dan Kebijakan Pengubahan Jadwal.

Sebagai informasi, kebijakan refund hanya tersedia untuk pesanan yang dapat di-refund dan hanya dapat diajukan secara langsung ke operator bus. Refund tidak dapat diberikan jika pelanggan tertinggal bus.

Pegipegi

Layanan pemesanan tiket online Pegipegi menjelaskan pada laman resminya bahwa tidak semua provider bus memperbolehkan untuk melakukan pembatalan dan refund pemesanan bus.

Pelanggan dapat mencermati informasi ini di bagian kebijakan Bus & Travel ketika melengkapi data pesanan.

Di samping itu, syarat dan ketentuan pengembalian uang juga dapat berbeda tergantung provider bus masing-masing.

Ketentuan waktu pengembalian uang juga dapat berbeda pada masing-masing provider. Pegipegi juga menjelaskan bahwa proses refund ini dapat dilakukan dengan cara menghubungi provider bus.

Baca juga artikel terkait REFUND TIKET atau tulisan lainnya dari Balqis Fallahnda

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo