Menuju konten utama

Cara Promo Akhir Tahun bagi UMKM untuk Menaikkan Omset

Tips jitu menaikkan omset penjualan di akhir tahun untuk UMKM.

Cara Promo Akhir Tahun bagi UMKM untuk Menaikkan Omset
Ilustrasi Promo. foto/IStockphoto. foto/IStockphoto

tirto.id - Cara promoakhir tahun bagi UMKM jika dilakukan dengan tepat akan mampu menaikkan omset. Bagi sebagian UMKM, akhir tahun bisa menjadi waktu tepat untuk mengosongkan barang di gudang dan menggantinya dengan stok baru.

Nilai keuntungan secara satuan mungkin lebih kecil, namun targetnya memperoleh transaksi yang banyak sehingga menaikkan omset.

Di sisi lain, promo tanggal kembar di akhir tahun sudah dikenal luas masyarakat dengan nama Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 12.12. Awalnya Harbolnas merupakan pesta belanja secara online setiap 12 Desember yang menawarkan diskon atau cashback cukup tinggi. Kini, promo tersebut telah melebar ke penjualan offline.

Bagi UMKM, event Harbolnas bisa menjadi salah satu peluang melejitkan penjualan. Tidak ada salahnya pula, pelaku UMKM juga membuat ide promo lain dalam menggenjot penjualan baik melalui event Harbolnas atau lainnya. Apa saja ide promo yang bisa dilakukan?

Tips Promo Akhir Tahun untuk UMKM

Ada banyak cara untuk memasarkan produk melalui promo. Berikut berbagai promo yang bisa diterapkan:

1. Promo bundle

Promobundel menyediakan penjualan barang secara paketan dan tidak dijual terpisah. Contohnya penjual memasarkan produk sampo yang dibundel dengan sabun mandi, atau kosmetik micellar water dengan facial wash. Harganya pun dibanderol lebih murah ketimbang membelinya secara satuan.

Promo bundel sebaiknya perpaduan produk yang kegunaannya saling melengkapi. Cara ini untuk memanipulasi pikiran konsumen bahwa dirinya lebih baik memiliki produk bundel ketimbang satuan.

2. Promo kontes di media sosial

Tujuan promosi kontes yaitu membantu meningkatkan engagement akun media sosial dari brand yang mengadakannya. Misalnya brand membuat kuis tebak kata, posting foto liburan, dan sebagainya. Hadiah yang diberikan dapat berupa produk dari dari brand, uang tunai, voucher, dan sebagainya.

3. Promo Natal dan tahun baru

Akhir tahun tidak lepas dari nuansa Natal dan tahun baru (nataru). Promo yang terkait dengan dua event tersebut cocok diterapkan untuk bisnis makanan dan minuman, busana, hampers, hingga dekorasi. Bentuk promo dapat berupa diskon atau cashback dengan nilai spesial.

4. Diskon produk

Diskon produk adalah promo lazim yang aa di akhir tahun. Biasanya nilai diskon ini lebih besar ketimbang bulan-bulan lain. Cara ini tepat dipakai untuk meningkatkan penjualan secara cepat.

5. Voucher tahun baru

Promo akhir tahun selanjutnya dapat berupa pemberian voucher khusus. Voucher tidak dapat diuangkan, tapi dapat menjadi pemotong harga saat transaksi dilakukan. Biasanya voucher memiliki masa berlaku terbatas.

6. Sampel gratis

Pemberian sampel gratis menjadi sarana untuk mengenalkan sebuah produk pada konsumen. Sampel gratis berguna pula meningkatkan antusiasme calon pembeli untuk menggunakan produk tersebut. Di sisi lain, konsumen umumnya akan memberikan review jujur.

7. Beli 1 gratis 1

Promo beli 1 gratis 1 bisa untuk retailer yang ingin cuci gudang. Bagi konsumen, penjualan semacam ini menggugah semangat mereka untuk berbelanja.

Baca juga artikel terkait PROMO AKHIR TAHUN atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Ekonomi
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari