Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing di Tangan dengan Bahan Alami

Kontributor: Endah Murniaseh, tirto.id - 7 Jul 2022 20:02 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Agar cara menghilangkan bau daging kambing di tangan dengan bahan alami efektif dan berhasil, ada 5 tips yang perlu Anda ketahui. Berikut ini panduannya.
tirto.id - Cara menghilangkan bau daging kambing di tangan perlu diketahui terutama bagi Anda yang ingin mengolah daging ini untuk merayakan Idul Adha.

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2022. Pada hari raya ini, daging akan menjadi menu utama sebagian besar keluarga.

Akan tetapi, saat mengolah hingga mengonsumsinya, aroma daging seringkali susah untuk dihilangkan meski telah berulang kali mencuci tangan.

Salah satu daging yang memiliki aroma kurang sedap adalah daging kambing atau domba.

Dilansir dari The Meat Guy, penyebab dari daging tersebut memiliki aroma yang kurang sedap adalah karena mereka mengonsumsi rumput.

Dalam rumput terdapat klorofil dan merupakan senyawa organik phytol yang akan menghasilkan suatu aroma yang khas.

Menurut penelitian Christopher Cramer, seorang profesor di Departemen Kimia Di University of Minnesota yang dilansir dari Live Science mengatakan, aroma yang telah dicium oleh hidung akan sulit untuk hilang karena indera penciuman telah aktif saat sel sensorik bereaksi dengan molekul tertentu dalam fase gas memberikan sinyal ke otak.

Reseptor yang berbeda akan menggali molekul yang berbeda berdasarkan bentuk molekul serta konfigurasi atom pada permukaan.


Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing di Tangan


Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa bahan-bahan yang sering dijumpai di dapur rumah, dan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau daging pada tangan, seperti dilansir India Express, di antaranya:

1. Garam

Garam menjadi bahan yang sangat mudah ditemui di rumah. Untuk menghilangkan bau tidak sedap cukup basahi tangan Anda dengan air dan taruhlah garam di tangan Anda. Gosok-gosok pada tangan Anda beberapa saat, dan bau tersebut akan hilang.

2. Cuka dan soda kue

Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta, lalu gosokkan pada tangan dan cucilah tangan Anda dengan air.

3. Kopi

Dikenal dengan aroma yang sedap, kopi tidak hanya dapat diolah menjadi minuman yang enak, namun juga dapat digunakan untuk menghilangkan aroma tidak enak.

Cukup gosok tangan Anda dengan biji maupun bubuk kopi, lalu cucilah tangan dengan sabun dan air.

4. Pasta gigi

Gunakan pasta gigi seperti saat Anda menggunakan sabun cuci tangan, maka bau pada tangan Anda akan hilang.

Namun gunakanlah pasta gigi yang berwarna putih, karena pasta gigi gel tidak cukup baik untuk menghilangkan aroma tidak sedap.

5. Lemon

Buah-buahan yang masuk dalam keluarga citrus memang memiliki bau khas yang dapat dimanfaatkan untuk menutupi aroma yang lain.

Anda juga dapat memanfaatkan lemon agar tidak ada lagi bau daging dengan cara memotong lemon menjadi dua bagian dan menggosoknya pada tangan.

Jika Anda memiliki waktu lebih, Anda dapat memerasnya terlebih dahulu dan menggunakan air perasan sebagai pencuci.


Cara Menghilangkan Bau Perengus Daging Kambing


Selain bau daging kambing di tangan, ada bau lainnya yang mesti dihilangkan saat mengolah daging kambing.

Bau tersebut adalah perengus alias aroma kuat yang menguar dari kambing yang kadang dapat membuat selera makan jadi menghilang.

Dikutip dari Antara, berikut cara menghilangkan bau prengus saat mengolah daging kambing:

  • Jauhkan daging kambing dari air. Jangan mencucinya dengan air agar baunya tidak menguat
  • Coba pilih menu yang penuh rempah-rempah agar bau kambing tersamarkan, atau hilang, berkat bumbu yang kuat
  • Beberapa rempah yang cocok untuk diolah bersama daging kambing di antaranya adalah kunyit, cengkeh, bawang putih, jahe, kayu manis dan bunga lawang
  • Jika ingin memasak jeroan kambing, rebusnya dalam air berisi potongan lengkuas dan daun salam. Buang busa-busa putih yang keluar dari rebusan jeroan karena di situlah sumber bau


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight