Cara Menghemat Baterai Handphone Saat Darurat dan Lowbat

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 10 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat daya tahan baterai handphone dalam kondisi darurat seperti hindari suhu ekstrem dan aktifkan mode pesawat.
tirto.id - Saat sedang perjalanan jauh atau mungkin sedang rapat yang membutuhkan akses ke smartphone dan baterai ternyata hampir habis, tentu membuat kita panik.

Hal ini semakin parah jika ternyata kita tidak membawa charger atau power bank untuk mengisi baterai handphone.

Ada beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan untuk menghemat daya tahan baterai handphone dalam kondisi darurat seperti kasus di atas.

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk memperpanjang daya tahan baterai smartphone Anda, seperti dilansir dari The Muse.

1. Turunkan kecerahan layar

Layar merupakan salah satu komponen yang konsumsi dayanya cukup besar di smartphone. Saat kondisi darurat, turunkan level brightness atau kecerahan hingga batas kanyamanan mata melihat. Setelah itu, simpan handphone dan gunakan saat benar-benar diperlukan.

2. Matikan fitur yang tak digunakan

Jika tidak digunakan, matikan fungsi wifi dan bluetooth agar konsumsi baterai bisa dihemat. Selain itu, matikan juga fitur wifi tethering atau hotspot pribadi karena konsumsi daya baterainya cukup besar.

3. Matikan layanan lokasi

Smartphone masa kini rata-rata dilengkapi dengan fitur layanan lokasi berupa GPS (Global Positioning System). Saat kondisi darurat, fitur ini dapat dinonaktifkan guna menghemat baterai. Pada perangkat Android, fitur ini dapat dinonaktifkan dengan cara swipe layar dari atas ke bawah, tap pada GPS toggle untuk menonaktifkan layanan lokasi.

Sedangkan bagi pengguna iPhone dapat mematikan layanan lokasi dengan cara buka menu settings > privacy > location service, kemudian nonaktifkan.

4. Batasi aktivitas latar belakang

Beberapa aplikasi menjalankan aktivitasnya di latar belakang dan menambah konsumsi baterai. Dalam kondisi darurat, aktivitas aplikasi di latar belakang sebaiknya dinonaktifkan. bagi pengguna iPhone, dapat menonaktifkannya melalui settings > general > background app refresh dan tap pada toggle untuk nonaktifkan.

Sedangkan di ponsel Android dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang yang mengonsumsi kuota data dengan mengakses menu settings > data usage dan aktifkan fitur restrict background data.

5. Hindari suhu ekstrem

Saat musim panas atau dingin dengan suhu ekstrem dapat memengaruhi kinerja baterai handphone. Solusi untuk mengurangi dampaknya adalah hindarkan ponsel dari cahaya matahari langsung atau permukaan yang hangat.

6. Aktifkan mode pesawat

Mode pesawat atau airplane mode dapat secara signifikan memangkas konsumsi daya baterai dengan menonaktifkan semua fungsi komunikasi dan internet di ponsel. Aktifkan fitur ini jika memang membutuhkan akses data di ponsel dalam kondisi darurat.

Konsekuensi mode ini adalah fungsi komunikasi dan internet tidak aktif. Ini berarti handphone tidak dapat dihubungi, menerima notifikasi, dan fungsi komunikasi lainnya.

Melalui beberapa tips sederhana di atas, Anda dapat menghemat konsumsi daya baterai dalam kondisi darurat. Disarankan untuk membawa charger dan power bank agar terhindar dari kehabisan daya baterai handphone.


Baca juga artikel terkait LOWBAT atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight