Cara Mengembalikan Stamina Tubuh Usai Libur Panjang Akhir Pekan

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 17 Mei 2022 11:06 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara tingkatkan stamina tubuh usai libur akhir pekan salah satunya adalah mulai menjaga asupan makanan hingga mengurangi konsumsi gula.
tirto.id - Mei menjadi salah satu bulan dengan libur tanggal merah terbanyak selama 2022. Usai libur Lebaran 2022 yang cukup panjang, akhir pekan di pertengahan Mei juga memberi Anda waktu lebih untuk sekadar berlibur atau berkumpul bersama keluarga.

Sebab, Senin (16/5/2022) merupakan libur nasional dalam rangka hari raya Waisak, artinya bisa menjadi akhir pekan yang panjang untuk berlibur atau bersantai di rumah.

Usai menikmati libur akhir pekan yang panjang, tak sedikit bagi kita yang lantas mengalami masalah dengan stamina tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah terlalu lelah usai berlibur bersama teman, sahabat atau keluarga saat long weekand.

Lantas bagaimana cara atau tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan stamina tubuh usai libur panjang di akhir pekan ini?

Cara tingkatkan stamina tubuh usai libur akhir pekan


Ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Fitri Hudayani, menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan mengoptimalkan konsumsi gizi yang seimbang guna mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima seusai menjalani mudik Lebaran atau libur panjang di akhir pekan.

"Konsumsi gizi seimbang yaitu yang mengandung sumber tenaga untuk tubuh dapat melakukan kegiatan atau aktivitas bekerja dan berolahraga," jelas Fitri seperti dikutip dari Antara.

"Sumber tenaga yang baik adalah dari karbohidrat kompleks antara lain seperti nasi, roti, umbi-umbian, havemout dan olahannya. Serta sumber lauk pauk baik nabati seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan, dan hewani seperti ayam, ikan, daging dan telur," tambahnya.

Sementara itu, dilansir dari laman Up Meals, biasanya selama berlibur, metabolisme dan pencernaan kita bekerja terlalu keras karena konsumsi makanan yang sering kali tidak terkontrol bahkan berlebihan.

Jadi, tak ada salahnya jika usai libur panjang kita mulai menjaga makanan olahan seminimal mungkin untuk membuat tubuh Anda pulih dari liburan.

Usakahan untuk mengonsumsi makanan rumahan atau kalaupun membeli makanan usahakan kurang asupan gula. Selain itu berikut beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan stamina tubuh Anda usai berlibur.

Infografik SC Mengembalikan Stamina Usai Liburan
Infografik SC Mengembalikan Stamina Usai Liburan. tirto.id/Sabit


1. Tetaplah terhidrasi

Minum cukup cairan selalu menjadi hal yang penting, sehingga jangan biarkan tubuh Anda kekurangan cairan usai berlibur. Sebab, tak jarang saat berlibur kita lupa mengonsumsi cukup cairan karena terlalu asyik bermain atau bercengkrama bersama orang terdekat.

Minumlah minuman hangat seperti teh herbal atau air lemon dan jahe. Ini akan membantu meningkatkan metabolisme Anda dan mendukung proses alami tubuh Anda untuk membuang racun.

2. Lakukan aktivitas fisik

Saat libur panjang di akhir pekan tak semua orang akan memilih untuk berlibur karena berbagai alasan. Sebagian dari Anda mungkin memanfaatkan libur akhir pekan dengan bermalas-malasan sambil nonton film atau sekadar mendengarkan musik.

Usai menikmati libur panjang di akhir pekan tak ada salahnya untuk mulai melakukan aktivitas fisik agar tubuh kembali prima dan bugar.

Apapun aktivitas fisik tersebut, yang penting adalah Anda terus bergerak, seperti berenang, lari pagi di sekitar rumah hingga pergi ke pusat kebugaran atau gym.

Jika Anda masih merasa malas untuk bergerak atau melakukan aktivitas fisik cobalan untuk berolahraga sambil mendangatkan musik.

Dilansir dari laman Medical News Today ada bukti bahwa musik dapat mengubah suasana hati seseorang. Ini juga dapat membantu meningkatkan efisiensi kardiovaskular.

Dalam sebuah penelitian kecil, peserta yang mendengarkan musik pilihan mereka selama berolahraga memiliki detak jantung yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

3. Atur jadwal tidur dengan baik

Saat libur panjang di akhir pekan tak jarang jadwal tidur akan terganggu. Entah itu kurang tidur karena terlalu asyik berlibur bersama orang tersayang atau justru bangun terlalu siang karena begadang menonton film favorit Anda.

Kembali ke jadwal tidur yang teratur bisa memakan sedikit waktu, tetapi ini adalah bagian penting dari menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kualitas tidur yang baik justru akan membuat Anda memiliki lebih banyak energi untuk tetap aktif dan rutinitas tidur yang teratur membantu mengendalikan keinginan makan makanan yang tidak sehat.

Tentukan saja jadwal yang sesuai untuk tubuh dan rutinitas Anda sendiri dan cobalah untuk tidur setidaknya 7 jam lalu tidur dan bangunlah kira-kira pada waktu yang sama setiap hari.


Baca juga artikel terkait MENJAGA STAMINA TUBUH atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight