Cara Mengatasi Kulit Kering: Pakai Minyak Kelapa, Mandi Oatmeal

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 4 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Pada kebanyakan kasus, kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan yang menghilangkan kelembapan dari kulit.
tirto.id - Perubahan cuaca menjadi salah satu penyebab kulit kering, meskipun secara keseluruhan kulit kering (xerosis) adalah kondisi umum dengan banyak penyebab.

Kulit kering sering kali mengakibatkan rasa sangat gatal pada tubuh Anda, selain itu kulit kering juga bisa menjadi gejala yang mengindikasikan diagnosis yang lebih serius.

Namun pada kebanyakan kasus, kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan yang menghilangkan kelembapan dari kulit.

Cuaca panas, mandi air terlalu panas, iklim kering, dan sabun yang keras dapat memicu kulit kering.

Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan cara alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.

Cara mengatasi kulit kering


Beberapa bahan rumahan yang bisa Anda dapatkan di rumah untuk mengatasi kulit kering di antaranya,

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat emollient. Emolien mengisi ruang di antara sel-sel kulit, menciptakan permukaan yang halus.

Itulah mengapa asam lemak jenuh yang terdapat secara alami pada minyak kelapa dapat menghidrasi dan menghaluskan kulit.


Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari bahkan di bagian paling sensitif dari tubuh Anda. Ini termasuk area di bawah mata dan di sekitar mulut Anda.

Keunggulan lain dari minyak kelapa adalah Anda tidak perlu mencampurkannya dengan apa pun. Kelapa cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari yang substansial.

2. Petroleum jelly

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pubmed, produk petroleum jelly dapat menyembuhkan kulit pada orang dewasa yang lebih tua.

Petroleum jelly, juga dikenal sebagai minyak mineral, menutupi kulit dengan lapisan pelindung. Ini memerangkap kelembapan di bawahnya. Ini membantu menyembuhkan bercak kulit yang kering dan teriritasi.

3. Mandi oatmeal

Dilansir dari healthline oatmeal adalah pengobatan tradisional untuk kulit yang teriritasi. Sebuah studi 2015 yang diterbitkan oleh pubmed menunjukkan mengapa nenek dan nenek buyut telah merekomendasikan pengobatan rumahan ini selama berabad-abad dan itu cukup berhasil.

Oatmeal koloid memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang meredakan iritasi. Hal ini sangat efektif jika Anda ingin meredakan gatal. Setelah Anda mandi oatmeal, pastikan Anda melembabkan kulit Anda untuk mengunci penghalang.

Anda bisa mandi dengan oatmeal di rumah. Gunakan food processor untuk memotong oatmeal menjadi bubuk halus, lalu aduk dengan air hangat.

Anda juga dapat mencoba salah satu dari banyak produk komersial yang tersedia untuk membuat rendaman oatmeal.

4. Antioksidan dan omega-3

Ketika kulit Anda kering, itu berarti kulit Anda terpapar oleh elemen-elemen yang merusak sel-sel kulit lebih cepat dari kemampuan tubuh Anda memperbaikinya.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda tampak lebih sehat, menurut Mayo Clinic.

Makanan yang kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel yang sehat.

Beberapa makanan yang berkontribusi pada kesehatan kulit meliputi:

- bluberi
- tomat
- wortel
- kacang polong
- makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, juga dapat berkontribusi pada diet kulit bercahaya.

5. Gunakan sarung tangan saat mencuci piring atau baju

Tangan cenderung mengalami kontak paling langsung dengan bahan iritan lingkungan. Ini termasuk sabun cuci piring dan deterjen.

Biasakan memakai sarung tangan saat tangan Anda berada di dalam air. Sarung tangan juga harus digunakan saat Anda terpaksa bekerja di luar ruangan dengan cuaca yang dingin.

Mengenakan sarung tangan berpelindung saat melakukan pekerjaan rumah tangga, atau saat Anda berada di luar ruangan dalam suhu ekstrim dapat mengurangi kulit kering dan teriritasi.

6. Perhatikan air dan sabun mandi Anda

American Academy of Dermatology mencatat bahwa menghilangkan kulit kering terkadang sesederhana mengubah rutinitas mandi Anda.

Meskipun kebanyakan orang cenderung mandi air panas, ini dapat melepuh kulit dan menyebabkan kerusakan.

Dan beberapa sabun yang mengklaim dapat melembabkan dan memperbaiki kulit justru bisa menyebabkan efek sebaliknya. Mereka dapat memicu reaksi alergi dan membuat kulit lebih tipis dengan bahan kimia yang keras.

Ada baiknya saat mandi gunakan air dingin tapi jangan terlalu dingin atau air hangat, bukan panas serta cari sabun yang bebas pewangi dan lebih lembut di kulit daripada sabun tradisional.

Pentingnya mencegah kulit kering


Penting untuk menjaga kesehatan kulit, sebab kulit adalah garis pertahanan pertama melawan bakteri dan virus. Ketika kulit Anda terganggu oleh rasa gatal, infeksi dapat terjadi.

Anda mungkin ingin memasukkan pelembap yang baik ke dalam rutinitas harian Anda, bahkan saat kulit tidak mengganggu Anda.

Faktanya, menjaga pelindung kulit yang sehat setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah pecahnya kulit kering.

Tips perawatan kulit penting lainnya adalah menggunakan tabir surya yang melembabkan setiap hari untuk mencegah kerusakan dan kekeringan kulit.

Pastikan untuk mengenakan pakaian katun longgar yang dapat menghilangkan keringat dari kulit saat Anda terpapar suhu tinggi atau kondisi yang menyebabkan iritasi kulit.

Ingatlah bahwa kulit yang sangat kering bisa menjadi indikasi dari kondisi yang lebih serius.

Jika pengobatan rumahan tidak membantu, Anda mungkin perlu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan resep untuk meredakan kulit kering Anda.


Baca juga artikel terkait KULIT KERING atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight