Cara Mendaftar PPPK Guru 2022 dan Contoh Deskripsi Diri

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 4 Nov 2022 14:20 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Contoh deskripsi guru 2022 dan cara daftar seleksi PPPK Guru di SSCASN.
tirto.id - Pendaftaran PPPK Guru 2022 sudah dibuka mulai 31 Oktober sampai dengan 13 November. Pendaftaran PPPK 2022 untuk guru bisa dilakukan melalui laman SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id/.

Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar harus memastikan telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari:

1. Kartu Keluarga (KK)

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
3. Ijazah.
4. Transkrip Nilai


Cara Mendaftar PPPK Guru 2022

Sebelum mendaftar PPPK Guru 2022, Anda perlu melakukan pendaftaran akun SSCASN, bagi pelamar PPPK Guru yang belum memiliki akun.

Bagi pelamar yang telah memiliki akun SSCASN dan terdaftar sebagai peserta seleksi PPPK Guru pada tahun 2021 tidak perlu membuat akun lagi (gunakan akun SSCASN pada tahun 2021).

Bagi Anda yang belum pernah membuat akun, simak cara pembuatan akun SSCASN di sini.

Setelah pelamar berhasil membuat akun, akses https://sscasn.bkn.go.id kemudian klik tombol Login yang tertera di sudut kanan atas. Kemudian masukkan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Username adalah NIK dan password disesuaikan dengan yang telah dibuat pelamar. Tekan tombol Masuk untuk melanjutkan proses pendaftaran.

1. Setelah pelamar berhasil masuk ke akun SSCASN, pelamar diminta untuk mengisi dan melengkapi biodata pada Langkah 1: Pengisian Biodata.

2. Jika telah selesai melengkapi biodata, pelamar wajib mengisi CAPTCHA yang ada pada bagian bawah halaman dan melanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik Selanjutnya.

3. Pada tahap ini, lakukan Pemilihan Jenis Seleksi. Pemilihan Jenis Seleksi. Kategori Pelamar dalam Seleksi Rekrutmen Guru ASN PPPK Kemdikbudristek Tahun 2022, yaitu:

- Pelamar Prioritas 1: Pelamar Prioritas 1 merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi Nilai Ambang Batas. Pemenuhan kebutuhan guru dari kategori pelamar prioritas I dilakukan berdasarkan urutan sebagai berikut:
  1. THK-II yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.
  2. Guru non-ASN yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.
  3. Lulusan PPG yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.
  4. Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.
- Pelamar Prioritas 2: Pelamar prioritas 2 merupakan THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I.

- Pelamar Prioritas 3: Pelamar prioritas 4 merupakan Guru non-ASN yang tidak termasuk dalam Guru non-ASN kategori pelamar prioritas 1 di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 (tiga) tahun atau setara dengan 6 (enam) semester pada Dapodik.

- Pelamar Umum: Pelamar umum terdiri atas:
  1. Lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kemendikbudristek; dan
  2. Pelamar yang terdaftar di Dapodik Kategori pelamar dalam Seleksi Rekrutmen Guru ASN PPPK Kemdikbudristek Tahun 2022.
4. Setelah memilih seleksi, Anda masuk dalam tahapan 3: Mendaftar Formasi. Pelamar diminta untuk melengkapi data pendidikan, lokasi dan jabatan yang akan dilamar. Setelah data terisi, pelamar mengisikan kode Captcha lalu memilih tombol Selanjutnya.

5. Selanjutnya, isikan Riwayat. Pada tahap ini pelamar diminta untuk mengisi daftar Riwayat hidup pelamar yang meliputi, Deskripis diri, Riwayat pendidikan (dari SD-pendidikan terakhir), Pengalaman Kerja, Pengalaman Organisisi, Pengalmana Kursus/Pelatihan dan Pengalaman Pengembangan Profesi.

6. Setelah data Riwayat selesai diisi, pelamar memilih tombol selanjutnya. Lalu pelamar akan masuk pada Langkah 5 : Dokumen.

7. Unggah dokumen merupakan tahapan kelima dari proses pendaftaran PPPK Guru 2022. Pada tahap ini Pelamar diminta untuk meng-unggah seluruh dokumen sesuai yang dipersyaratakn oleh instansi yang dilamar.

8. Setelah pelamar melengkapi Unggah Dokumen, maka akan tampil halaman resume. Pelamar wajib membaca dan memeriksa kembali data-data yang telah diisi.

9 Setelah Pelamar yakin tidak ada kesalahan lagi, maka pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia.

10. Jika seluruh kotak telah selesai ditandai, pelamar kemudian tandai kotak pernyataan dan menekan tombol berwana merah Akhiri Proses Pendaftaran.


Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022

Pada bagian deskripsi diri, perlu mencakup beberapa poin penting, yaitu:
  • Identitas diri seperti nama, tempat tanggal lahir, asal, dan usia.
  • Pengalaman mengajar.
  • Pencapaian atau prestasi yang pernah diraih selama menjadi guru.
  • Menjelaskan tentang cara mengajar yang efektif dan berhasil diterapkan pada anak didik.
  • Deskripsi sifat atau karakter lain yang positif serta profesional berdasarkan pengalaman kerja.
Berikut salah satu contoh deskripsi diri guru

Perkenalkan, nama saya Intan Widadari, saya lulusan dari Universitas Padjadjaran dengan mengambil jurusan pendidikan SD. Saya berasal dari Surabaya dan lahir pada 21 Mei 1990. Saat ini saya berusia 24 tahun. Saya sudah 5 tahun menjadi guru.

Pengalaman saya menjadi guru dimulai ketika saya mengajar di SD X. Saya mengajar di sana selama 3 tahun. Selama itu, saya mendapat tanggung jawab sebagai wali kelas, sekaligus menjadi pembimbing untuk kegiatan ekstrakurikuler.

Pada tahun keempat, saya mendapat kesempatan lain untuk mengajar di SMP XY selama kurang lebih dua tahun. Saya mengampu pelajaran Sejarah. Selain mengajar, saya juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sekolah. DI SMP ini, saya juga menjadi wali kelas dan ikut terlibat dalam bidang kesiswaan sekolah.

Selama 5 tahun pengalaman mengajar, ada banyak kesempatan berharga yang saya dapat. Terutama untuk terus mengembangkan diri agar menjadi tenaga pengajar profesional. Saya juga memperoleh penghargaan sebagai guru teladan di tingkat kabupaten dan kota.

Di tahun berikutnya, keinginan saya menerbitkan sebuah buku pelajaran berhasil terwujud. Buku tersebut berisi tentang cara mudah memahami sejarah. Metode dan trik yang dijelaskan dalam bukunya sudah berhasil diimplementasikan dalam pola mengajar saya kepada anak didik, dengan respons positif.

Bagi saya, menjadi guru adalah pengalaman yang sangat berharga. Saya punya tanggung jawab besar dan ikut terlibat dalam mendidik putra putri bangsa yang akan menjadi masa depan negeri ini. Itulah pengalaman saya menjadi guru, saya akan terus dan berusaha mendidik anak-anak bangsa.


Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight