Cara Mencairkan BSU Subsidi Gaji 2022 di Bank BTN

Kontributor: Wulandari, tirto.id - 23 Sep 2022 18:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut syarat pencairan BSU Subsidi Gaji 2022 di Bank BTN yaitu KTP dan buku tabungan.
tirto.id - Bantuan Subsidi Upah (BSU) merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk tenaga kerja maupun buruh yang diberikan dalam 1 tahap untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagai dampak adanya kenaikan harga oleh pemerintah. Adapun uang yang diberikan sebesar Rp600 ribu.

Bantuan ini dinaungi oleh Menteri Ketenagakerjaan (Kemenaker) No. 10/2022 yang telah memberikan subsidi hingga tahap II. Kemenaker telah menerima sebanyak 2,4 juta data calon penerima dana BSU tahap II dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Bagi pemberi kerja atau badan usaha pastikan untuk mengingat tiga hal pasti demi kelancaran administrasi penyaluran BSU tahun 2022:

  • Pastikan seluruh pekerja terdaftar
  • Pastikan upah pekerja sesuai
  • Pastikan telah membayar iuran


Cek apakah Anda termasuk dalam penerima BSU tahap II ini. Informasi terkait peserta yang termasuk dalam BSU hanya dapat diakses di website resmi BPJS Ketenagakerjaan yaitu melalui link bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bagi Anda yang dinyatakan lolos segera cairkan dana bantuan BSU. Jika sudah lolos pada BSU tahun 2021 melalui Bank Himbara, maka tahun ini dana akan cair melalui rekening yang sama.

Pencairan dana dapat diakses melalui kantor pos dan Bank Himbara, seperti Bank BTN. Berikut merupakan tata caranya untuk pencairan dana.


Cara Mencairkan Dana BSU di Bank BTN



Sebelum pergi ke Bank BTN pastkan telah mengecek nama apakah benar-benar terdaftar sebagai penerima dana BSU. Kemudian jika terdaftar ikuti langkah-langkah berikut:


1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan buku tabungan yang telah terdaftar pada BSU tahap I atau bukun rekening yang dicantumkan saat pendaftaran;

2. Datang ke outlet Bank BTN terdekat;

3. Tunjukkan KTP dan nomor rekening yang sesuai dengan nomor rekening tabungan penerima BSU;

4. Teller akan memproses pencairan dana BSU.

Penerima dana bantuan BSU yang sudah mencantumkan nomor rekening, maka dana akan langsung dikirim melalui nomor rekening yang sudah terdaftar.

Melalui akun resmi Twitter, Bank BTN mengingatkan bahwa peserta yang terdaftar menjadi penerima untuk tidak mengganti nomor rekening pada saat ke bank bila ingin melakukan tarik tunai.


Baca juga artikel terkait BSU 2022 atau tulisan menarik lainnya Wulandari
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Wulandari
Penulis: Wulandari
Editor: Yantina Debora

DarkLight