Cara Memperingati Hardiknas 2023 & Link Pedoman Upacara Bendera

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 1 Mei 2023 13:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut cara memperingati Hardiknas 2023 dan link pedoman upacara hari pendidikan nasional pada 2 Mei 2023.
tirto.id - Cara memperingati Hardiknas 2023 dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Pasalnya, substansi utama peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah menumbuhkan semangat dan kesadaran untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Hardiknas diperingati pada setiap tanggal 2 Mei. Tanggal itu diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, yakni 2 Mei 1889. Penetapan Hardiknas itu melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Sosok yang bergelar Bapak Pendidikan Nasional tersebut termasuk salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Semasa muda, Ki Hadjar Dewantara pada saat masih bernama Soewardi Soerjaningrat aktif melancarkan perjuangan politik untuk melawan Belanda.

Bersama Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo, ia mendirikan Indische Partij, partai politik pertama di Hindia Belanda. Soewardi pun aktif melancarkan kritik keras terhadap pemerintahan kolonial Belanda melalui tulisan, aktivitas yang berujung pada pengasingannya ke negeri Belanda.

Sepulang dari pengasingan itu, Soewardi mendirikan Perguruan Taman Siswa di Yogyakarta pada 3 Juli 1922. Sejak itu, mayoritas tenaganya tertuju pada perjuangan memajukan pendidikan untuk bangsa Indonesia. Saat usianya mencapai 40, ia beralih nama jadi Ki Hadjar Dewantara (KHD).

Suhartono Wiryopranoto melalui buku Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya (2017) terbitan Museum Kebangkitan Nasional, menulis bahwa KHD terinspirasi oleh metode dari sekolah Maria Montessori (Italia) dan Rabindranath Tagore (India).

Dari sana, KHD mencetuskan istilah Patrap Guru yang djabarkan dalam tiga semboyan, yakni Ing ngarsa sung tulada (di muka memberi contoh), Ing madya mangun karsa (di tengah membangun cita-cita), dan Tut wuri handayani (mengikuti dan mendukungnya).

Menurut Suhartono, konsep pendidikan KHD dilandasi tiga prinsip, yakni humanis, kerakyatan, dan kebangsaan. Tiga prinsip itu dipegang oleh KHD dalam upayanya mendorong pendidikan menjadi sarana politik pembebasan untuk mewujudkan kemerdekaan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Macam-macam Cara Memperingati Hardiknas 2023

Berdasarkan Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, yang diterbitkan Kemendikbudristek RI, tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”

Dalam Surat tersebut, juga disebutkan bahwa penetapan bulan Mei 2023 sebagai Bulan Merdeka Belajar.

Melalui surat yang sama, Kemdikbudristek menginformasikan logo, link download logo, himbauan pelaksanaan upacara bendera, hingga ragam aktivitas lainnya.

Ada berbagai cara dalam merayakan dan memperingati Hardiknas 2023. Berikut ini sejumlah cara memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023:

1. Upacara Bendera

Merujuk pada Surat Kemendikbudristek RI Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, salah satu bentuk peringatan Hardiknas adalah dengan upacara bendera.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 pada tanggal 2 Mei 2023 pukul 08.00 WIB secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kemendikbudristek juga mengimbau kepada Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk menyelenggarakan upacara bendera memperingati Hardiknas 2023.

Setelah upacara, Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 juga mengimbau, agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan RI di luar negeri menyelenggarakan aktivitas/kegiatan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023.

2. Donasi

Cara lainnya untuk memperingati Hardiknas 2023 adalah dengan menggalang donasi yang punya tujuan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Misalnya, penggalangan donasi buku untuk melengkapi koleksi milik perpustakaan-perpustakaan sekolah maupun komunitas di daerah pelosok.

Penggalangan donasi yang tidak kalah bermanfaat adalah pengumpulan perangkat laptop bekas yang masih bisa digunakan untuk fasilitas tambahan di sekolah-sekolah yang membutuhkannya.

3. Diskusi publik

Peringatan Hardiknas 2023 akan lebih bermakna jika disertai diskusi publik membahas berbagai persoalan pendidikan di Indonesia yang melibatkan para guru, pelajar, dan ahli. Diskusi secara daring maupun luring bisa digelar untuk merefleksikan arah pendidikan di Indonesia ke depan.

4. Mengunggah twibbon Hardiknas 2023

Salah satu cara paling mudah untuk memperingati Hardiknas 2023 adalah dengan mengunggah twibbon Hari Pendidikan Nasional 2023. Sejumlah link twibbon Hardiknas 2023 bisa diperoleh via laman Twibbonize, termasuk yang berlogo Kemenag, Kemdikburistek, dan lainnya.


5. Menulis surat dan puisi untuk guru

Para pelajar bisa memperingati Hardiknas 2023 dengan menulis surat atau puisi yang ditujukan ke para guru. Tema surat atau puisi itu beragam, termasuk ucapan terima kasih pada jasa guru.


6. Menggelar lomba

Sejumlah kegiatan lomba bisa digelar untuk memeriahkan peringatan Hardiknas 2023. Lomba itu dapat diikuti oleh pelajar, mahasiswa, maupun para guru.

Ada banyak sekali jenis lomba yang terkait dengan pendidikan, seperti lomba membuat video di tiktok atau youtube untuk peringatan hardiknas, lomba karya ilmiah, lomba menulis puisi, lomba melukis, lomba deklamasi puisi, dan lain sebagainya.

Link Pedoman Upacara Bendera Hardiknas 2023

Kemdikbudristek RI telah menerbitkan dokumen pedoman upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023. Untuk membaca pedoman itu, klik tautan di bawah ini:

LINK Pedoman Upacara Hardiknas 2023

Baca juga artikel terkait HARDIKNAS 2023 atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom

DarkLight