Cara Memilih Mesin Cuci yang Bagus Sesuai Kebutuhan Pengguna

Oleh: Desika Pemita - 30 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Cara memilih mesin cuci yang bagus adalah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Faktor pertimbangannya, harga, ukuran, kapasitas, efisiensi dan fitur tambahan.
tirto.id - Cara memilih mesin cuci yang bagus sesuai dengan kebutuhan pengguna, harus mempertimbangkan beberapa hal. Mesin cuci yang handal tidak hanya bisa membersihkan pakaian tapi juga awet selama bertahun-tahun dan juga faktor harga.

Seperti dilaporkan consumerreports. ada beberapa tips sebelum Anda memutuskan membeli mesin cuci. Langkah pertama dalam membeli mesin cuci adalah perencanaan. Ketahui kebutuhan Anda. Misalnya, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk mencuci? Apakah Anda memiliki keluarga besar yang membutuhkan pencuci pakaian setiap hari, atau apakah Anda lajang atau pasangan tanpa anak?

Faktor penting lain adalah mempertimbangkan di mana letak ruang cuci atau mesin cuci dan pengering Anda. Jika Anda penghuni apartemen atau rumah kecil, ukuran mesin cuci bisa jadi faktor pertimbangan.

Selain itu, memikirkan waktu dan bagaimana Anda mencuci pakaian akan membantu untuk membandingkan jenis mesin cuci. Hal utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli mesin cuci dan pengering termasuk biaya, jenis, ukuran, kapasitas, dan efisiensi energi.

Berikut adalah beberapa faktor penting sebelum membeli mesin cuci:

Bukaan Atas atau Depan?

Fitur yang paling jelas untuk dipilih saat membeli mesin cuci adalah apakah memilih versi bukaan depan atau atas. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Mesin cuci bukaan atas biasanya merupakan pilihan termurah. Namun, biayanya mungkin lebih mahal untuk jangka panjang, karena menggunakan lebih banyak energi dan air.

Mesin cuci dengan bukaan atas adalah pilihan yang baik jika Anda mengalami masalah punggung atau lutut. Anda dapat menjangkau mesin cuci dengan sedikit menekuk.

Mesin cuci dengan bukaan di depan biasanya lebih mahal. Namun, putarannya lebih cepat, mengekstrak lebih banyak air (yang mengurangi waktu pengeringan). Juga menggunakan lebih sedikit air selama proses mencuci. Mesin cuci ini hemat energi dan ramah lingkungan.

Mesin cuci ini lebih mudah diakses oleh pengguna kursi roda. Sangat disarankan untuk ruangan kecil, karena bisa ditumpuk. Jika Anda mencuci banyak seprai, mesin cuci bukaan depan lebih baik dalam melakukan pekerjaan ini tanpa kehilangan keseimbangan.

Ukuran Mesin Cuci Standar

Ukur ruang yang Anda inginkan untuk mesin cuci sebelum membeli. Biasanya, mesin cuci dan pengering berukuran lebar sekitar 60 hingga 83 centimeter (cm). Untuk bongkar muat, Anda harus memberikan ruang sekitar 92 cm di depan mesin cuci dan sekitar 106 cm untuk pengering.

Memasang mesin cuci dan pengering sekitar 38 cm dari lantai untuk membongkar muat lebih nyaman. Cari alas kokoh yang khusus dibuat untuk peralatan binatu Anda.

Melansir better homes and garden, jika Anda memiliki sedikit ruang untuk bekerja, pertimbangkan kombinasi mesin cuci disertai pengering. Peralatan efisien ini, dirancang untuk ruangan kecil, tersedia dalam unit bertumpuk, berdampingan, atau all-in-one.

Unit mesin cuci dan pengering bertumpuk biasanya menempati luas lantai kurang dari 83 cm persegi. Lebih mudah diakses oleh orang yang mengalami kesulitan membungkuk. Sebelum memilih salah satu dari mesin ini, pertimbangkan di mana Anda akan menepatkan mesin cuci yang dibeli.

Kapasitas Mesin Cuci

Saat memilih mesin cuci, pertimbangkan daya tampung dari mesin cuci. Kapasitas tergantung pada ukuran keranjang cuci. Keluarga dengan anak-anak yang melakukan aktivitas fisik setiap hari mungkin lebih menyukai mesin cuci berkapasitas besar. Namun pilihan model berkapasitas lebih kecil, yang menggunakan lebih sedikit air dan energi, juga punya jadi pilihan karena ekonomis.

Kecepatan Mesin

Mesin cuci standar memiliki antara satu dan empat pengadukan dan kecepatan putaran. Namun ada beberapa model menawarkan opsi tambahan. Sistem pencucian menggabungkan kecepatan dan suhu yang berbeda untuk membersihkan jenis pakaian tertentu.

Mesin cuci rata-rata mungkin memiliki pengepresan teratur, permanen, dan putaran yang rumit. Model yang lebih canggih mungkin menawarkan fitur tambahan, seperti model putaran untuk pakaian kerja, jeans, dan handuk, serta untuk menangani noda yang sulit.

Namun di balik itu semua, pikirkan tentang jenis pakaian yang akan paling sering Anda cuci untuk membantu membuat keputusan. Pilihan suhu air biasanya termasuk panas atau dingin. Beberapa model yang lebih mahal mungkin memiliki kombinasi suhu tambahan untuk menyesuaikan lebih banyak kain.

Pengaturan pencucian cepat membuat pakaian lebih bersih dan cepat. Kontrol dapat bersifat mekanis, dengan kenop putar dan tombol tekan, atau sistem elektronik dengan fitur seperti tampilan digital atau layar sentuh yang memungkinkan Anda menyesuaikan kebutuhan pencucian.

Efisiensi Energi

Mesin cuci berefisiensi tinggi mampu menghemat penggunaan air dan listrik. Selain itu juga membuat pakaian tak cepat rusak. Model ini menggunakan lebih sedikit air dan energi. Selain itu jumlah deterjen yang dibutuhkan bergantung pada ukuran muatan, bukan jumlah air yang digunakan.

Fitur Khusus Lainnya

Sebelum berbelanja, pastikan untuk membaca review dan membandingkan harga mesin cuci yang Anda inginkan. Anda juga harus mempertimbangkan beberapa fitur tambahan dari mesin cuci tersebut.

Sebagai contoh, mesin cuci pintar dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga Anda dapat memantau cucian dari jarak jauh. Pengguna dapat mengontrol ketinggian air dan menjalankan mesin cuci secara otomatis. Hal ini memudahkan bagi para pekerja kantoran yang bisa mengerjakan dua tugas sekaligus, urusan kantor dan cucian di rumah.


Baca juga artikel terkait MESIN CUCI atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Agung DH
DarkLight