Cara Membersihkan Termometer Digital dengan Benar Pakai Alkohol

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas - 7 Sep 2020 10:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara membersihkan termometer digital yang dipakai banyak orang dengan alkohol isopropil.
tirto.id - Termometer tentu akan sangat dibutuhkan untuk mengukur suhu tubuh jika Anda atau anggota keluarga merasa tidak enak badan. Khususnya jika merasakan gejala demam tinggi yang biasanya diderita oleh seseorang yang terinfeksi influenza atau bahkan Covid-19.

Namun ketika anda menggunakan alat tersebut kepada lebih dari satu orang, maka ia harus dibersihkan secara berkala.

Mengutip dari laman Parents.com, Dr Robert Frenck sebagai salah satu dokter spesialis penyakit menular dari Cincinatti Amerika Serikat menyatakan “Jika termometer hanya digunakan untuk orang sama, maka tidak perlu di sterilisasi… tetapi jika ia digunakan untuk banyak orang, Anda harus mengambil tindakan untuk membunuh kuman dan bakteri sebelum digunakan kembali bahkan jika temperatur mereka terbaca normal."

Anda harus membersihkan termometer digital dengan baik dan benar. Dalam proses pembersihannya, Anda lebih baik menggunakan alkohol isopropil yang mengandung paling sedikit 60 persen alkohol. Alkohol jenis ini dapat dibeli melalui online maupun di apotik terdekat.

Bedasarkan keterangan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), alkohol isopropil merupakan alkohol yang paling efektif untuk membunuh kuman dan bakteri.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkannya. Namun supaya termometer digital tidak rusak, maka hindari mencelupkannya ke dalam air.

Berikut ialah langkah-langkah membersihkan thermometer digital yang digunakan banyak orang:

1. Celupkan kapas bersih ke alkohol isopropil.

2. Lalu lapisi bagian pucuk termometer tersebut dengan seksama.

4. Bilas pucuk termometer tersebut dengan air dingin untuk menghilangkan alkohol. Agar menghindari kerusakan pada bagian komponen digital, maka untuk membersihkannya Anda dapat menyeka bagian tersebut dengan kain basah.

5. Keringkan termometer digital anda sebelum disimpan dengan menyeka keseluruhannya menggunakan handuk.

Mengutip dari laman Better Homes & Gardens, Anda dapat mengukur suhu tubuh dalam waktu beberapa menit dengan menggunakan termometer jenis ini bagian di mulut, ketiak, ataupun rektum. Namun Anda sebaiknya menggunakannya pada satu tempat saja untuk menghindari terjadinya kontaminasi silang.

Selain termometer digital seperti di atas, anda juga dapat membersihkan beberapa jenis termometer digital lainnya.

1. Termometer Infrared

Termometer ini menggunakan sensor infrared untuk mengukur suhu tubuh dengan memindai bagian dahi. Termometer jenis ini ada yang didesain untuk digunakan dengan atau tanpa menyentuh kulit dahi. Meskipun demikian, Anda sebaiknya tetap membersihkannya sebelum dan sesudah dipakai.

Langkah untuk membersihkan termometer infrared tentu agak berbeda dengan metode di atas, tetapi Anda tetap diperkenankan untuk menggunakan alkohol isopropyl dan kapas. Berikut ini ialah langkah untuk membersihkannya:

1. Usap sensor pada termometer infrared dengan kapas yang dibasahi oleh alkohol isopropil 60% ke atas.

2. Lalu biarkan termometer infrared tersebut kering sepenuhnya sebelum digunakan atau disimpan kembali.

2. Termometer Kuping

Termometer kuping digunakan untuk bayi di bawah tiga tahun dengan menyelipkannya ke kuping si bayi secara perlahan untuk mengukur temperatur tubuh paling tidak selama 60 detik.

Untuk membersihkannya, Anda dapat mengusap bagian sensor dengan menggunakan lidi kapas yang telah dibasahi oleh alkohol isopropil setelah itu biarkan ia kering sepenuhnya.


Baca juga artikel terkait TERMOMETER atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight