Cara Membersihkan Perhiasan Emas dan Merawatnya Agar Awet Berkilau

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 20 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Membersihkan perhiasan emas dapat dilakukan dengan memakai bahan yang mudah ditemukan di rumah.
tirto.id - Perhiasan emas sebaiknya tidak sekadar dipakai sebagai aksesoris, tetapi juga rutin dirawat serta dibersihkan agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.

Selain karena bentuknya yang indah, perhiasan emas pun akan memiliki nilai yang semakin tinggi apabila kilaunya awet dan tetap menarik.

Dikutip dari laman Sahabat Pegadaian, salah satu tips untuk merawat perhiasan adalah memilih pembersih yang tepat. Ada beberapa cairan pembersih yang bisa digunakan.

Setidaknya ada jenis cairan pembersih rumahan yang dapat digunakan untuk merawat perhiasan emas. Namun, penggunaanya juga harus tepat.

Pertama, gunakan campuran detergen dan soda. Cairan ini dapat dibuat dengan mencampurkan detergen dan soda ke dalam satu wadah.

Setelah diaduk rata, masukkan perhiasan emas ke dalam cairan itu. Setelah 10-20 menit, angkat dan pakai sikat berbulu lembut untuk membersihkannya perlahan hingga tidak ada kotoran yang menempel. Kemudian, cuci perhiasan dengan air dan keringkan memakai kain lembut.

Kedua, sabun cuci piring. Cara penggunaannya ialah tuangkan sedikit sabun cuci piring bercampur air dan aduk merata. Kemudian rendam perhiasan emas di cairan itu sana selama 5 menit. Ambil sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan. Terakhir, bilas perhiasan emas dengan air dan keringkan dengan kain lembut.


Tips Pemakaian Perhiasan Emas Agar Awet

Jika diperlakukan dengan benar dan baik, perhiasan emas akan bertahan selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat dalam mengenakan perhiasan emas, seperti dikutip dari laman Janvier Jewelers:

1. Lepaskan perhiasan emas saat olahraga atau melakukan aktivitas berisiko

Emas merupakan logam lunak. Hal ini membuat kualitas perhiasan emas rentan menurun akibat terbanting, tegores atau terbentur benda keras sehingga penyok. Sebaiknya, lepas cincin, arloji, dan gelang emas Anda saat berolahraga atau melakukan aktivitas yang berisiko.

2. Klorin adalah musuh emas

Apabila paparannya berulang, klorin akan melemahkan struktur perhiasan emas Anda dan pada akhirnya menyebabkannya rusak. Pastikan untuk melepas perhiasan Anda sebelum masuk kolam renang atau spa.

3. Hati-hati dengan cairan pembersih

Cairan pembersih perabot rumah tangga yang mengandung asam atau zat abrasive bisa merusak lapisan emas di perhiasan Anda. Gunakan sarung tangan karet saat atau lepaskan perhiasan emas saat anda membersihkan perabot dengan cairan yang mengandung zat abrasive.

4. Lepas perhiasan emas saat merias diri

Makeup, parfum, hairspray, dan lotion dapat merusak lapisan emas di perhiasan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya lepaskan dulu perhiasan emas saat Anda merias diri.

5. Lepaskan perhiasan emas sebelum mandi

Mengenakan perhiasan emas saat mandi sebaiknya tidak dilakukan. Hal itu dapat menyebabkan penumpukan sabun pada perhiasan Anda.


Baca juga artikel terkait EMAS atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight