Menuju konten utama

Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online & Lewat Loket Stasiun

Cara membatalkan tiket kereta api melalui aplikasi di ponsel dan secara langsung di loket stasiun. 

Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online & Lewat Loket Stasiun
Warga membeli tiket kereta api (KA) melalui mesin khusus di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta, Senin (18/11/2019). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

tirto.id - Pembatalan tiket kerta api bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online atau melalui aplikasi KAI Accsess dan secara langsung melalui loket stasiun.

Biasanya, calon penumpang membatalkan tiket kereta api karena ada perubahan jadwal keberangkatan atau salah memilih tanggal. Berikut adalah cara membatalkan tiket kereta api.

Melalui aplikasi My Accses di ponsel

1. Pilih Menu My Trips

Pada menu My Trips, pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.

Tiket yang dibeli melalui channel eksternal, misalnya Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos, Tiket.com, dan lainnya juga bisa dilakukan pembatalan tiket di KAI Access.

Syaratnya, satu di antara nomor identitas dalam tiket, sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.

2. Pembatalan

Pada menu E-Ticket, klik "Pembatalan".

Tombol "Pembatalan" hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

3. Pilih Nama Penumpang

Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta.

4. Lanjutkan

Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju.

Lanjutkan proses pembatalan.

5. Masukkan Akun Bank

Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund), kemudian lanjutkan proses pembatalan.

6. Konfirmasi

Pada halaman ini, pastikan pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang kamu pilih pada tahap sebelumnya.

7. Yakin?

Klik tombol "Konfirmasi dan Lanjutkan" pada halaman konfirmasi pembatalan.

Kemudian, pastikan kamu yakin akan melakukan pembatalan tiket.

8. Berhasil

Setelah melalui proses di atas, proses pembatalan tiket telah berhasil.

Yang harus kamu tahu, proses pembatalan tiket dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket di luar bea pesan yang dibatalkan dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp 1.000.

Detail syarat dan ketentuan pembatalan melalui aplikasi KAI Access dapat dibaca pada kolom "Syarat dan Ketentuan Pembatalan Secara Online" di nomor 4.

Selain itu, pengembalian bea (refund) dilakukan setelah hari ke-30 hingga hari ke-45.

Pengembalian bea hanya melalui transfer bank ke satu penumpang dalam kode booking tersebut.

Oleh karena itu, pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku Rekening Bank Pemohon.

Membatalkan tiket kereta di loker stasiun

Pembatalan tiket kereta secara langsung di loket stasiun bisa dilakukan paling lambat 30 menit sebelum jam keberangkatan.

1. Calon penumpang perlu mempersiapkan kartu identitas sesuai yang tertera di tiket beserta fotocopy-nya.

2. Mengisi formulir pembatalan rangkap 2 yang terdiri dari data diri dan keterangan pengambilan biaya pembatalan.

3. Formulir akan divalidasi oleh petugas

4. Pengambilan biaya atau refund uang tiket kereta bisa dilakukan setelah hari ke-30, dengan menyerahkan formulir yang telah divalidasi dengan menunjukkan kartu indentitas.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Contact Center 021-121 atau melalui email cs @kai.id.

Baca juga artikel terkait TIKET KERETA API atau tulisan lainnya dari Yandri Daniel Damaledo

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH