tirto.id - Iklan Facebook memberikan cara bagi bisnis kecil untuk dengan mudah menjangkau audiens yang ditargetkan.
Dengan berbagai format iklan yang dapat dipilih, pengguna dapat menjangkau audiens target dengan cara yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, baik melalui video, polling, slideshow, game augmented reality, atau cerita.
Facebook juga memberi penggunanya akses ke metrik sehingga dapat mengetahui bagaimana kinerja iklan, dan membuat perubahan agar lebih sesuai dengan audiens di masa mendatang.
Beriklan di Facebook relatif mudah, asalkan sudah memiliki halaman bisnis Facebook dan tahu seperti apa tampilan iklan, demikian seperti diwartakan Business Insider.
Berikut cara membuat iklanFacebook seperti dijelaskan dalam laman resminya.
Login
Login ke laman bisnis akun Facebook Anda, kemudian kunjungi laman buat iklan pada tautan ini.
Pilih tujuan
Untuk memilih tujuan iklan yang tepat, jawab pertanyaan “apa hasil terpenting yang saya inginkan dari iklan ini?” Hasil itu bisa berupa penjualan di situs web Anda, jumlah unduhan aplikasi Anda, atau peningkatan brand awareness.
Pilih audiens/pemirsa
Pengguna di sini akan memilih audiens yang ingin dijangkau berdasarkan kriteria seperti usia, lokasi, dan informasi lainnya, pilih demografi, minat, dan perilaku yang paling menggambarkan pemirsa.
Tentukan platform menjalankan iklan
Pilih platform untuk menjalankan iklan seperti Facebook, Instagram, Messenger, Audience Network, pengguna juga dapat memilih semuanya.
Tetapkan anggaran
Tetapkan anggaran harian yang ingin ditetapkan selama masa promosi, di sini pengguna juga dapat menjadwalkan berapa lama iklan berjalan.
Di sini pengguna juga dapat membatasi penggunaan anggaran sehingga biaya yang dikeluarkan per harinya tidak akan melebihi batas anggaran yang sudah pengguna tetapkan.
Pilih format
Pilih salah satu dari enam format iklan yang fleksibel, semuanya dirancang agar berfungsi efektif di semua perangkat dan kecepatan koneksi. Format dapat berupa gambar tunggal, video tunggal, hingga tayangan slide.
Order iklan
Setelah dikirimkan, iklan akan masuk ke lelang iklan yang membantu mengarahkannya ke orang yang tepat.
Kelola iklan
Pengguna dapat menggunakan alat Manajer Iklan Facebook untuk mengakses metrik dan mencari tahu bagaimana performa iklan berjalan.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo