Cara Ganti Latar Belakang Video Call di Facebook Messenger Rooms

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 2 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Langkah mengganti background saat melakukan panggilan video call di Facebook Messenger Rooms.
tirto.id - Baru-baru ini Facebook Messeger menambahkan fitur untuk mengganti background saat panggilan video di Messenger Rooms. Pengguna bisa mengganti background hanya dengan mengusap layar ke atas, lalu klik "Choose Background", kemudian memilih gambar yang akan dijadikan latar belakang.

Dilansir Android Authority, Messenger Rooms menyediakan layanan panggilan video hingga 50 orang pada saat yang bersamaan. Saat menggunakan Messenger Rooms, pengguna dapat mengganti latar belakang virtual seperti menerapkan efek dan filter ke wajah, berbagi layar dengan orang lain saat menelepon, dan mengunci ruang obrolan.

Background khusus selama obrolan video dapat membantu audiens untuk fokus pada pengguna tanpa terganggu dengan latar yang bergerak. Saat ini, background khusus di Messenger Rooms hanya kompatibel dan tersedia di perangkat seluler untuk Android, iOS, dan iPadOS. Sedangkan untuk pengguna desktop belum tersedia.

Jika ingin menambahkan background khusus saat melangsungkan panggilan video di Messenger Rooms, pengguna dapat melakukan langkah-langkah berikut, dilansir laman Phone Week.

1. Saat memulai panggilan video di Messenger Rooms, akan tampak feed ruang serta feed video pratinjau. Ketuk layar, pilihlah opsi 'Backgrounds' di bagian bawah layar.

2. Setelah itu, muncul daftar backgrounds virtual tersedia dengan warna, efek, filter yang berbeda.

3. Ketuk salah satu backgrounds yang ingin diterapkan. Kemudian, background video akan terganti sesuai pilihan pengguna.

4. Jika ingin menghapus background virtual yang telah dipilih, cukup gulir ke paling kiri dan ketuk ikon 'Batal'.

Facebook menambahkan background virtual di Messenger Room sebagai upaya bersaing dengan platform lainnya di tengah populernya obrolan video sosial. Fitur background virtual pertama kali diperkenalkan oleh Zoom, kemudian diadopsi oleh Microsoft Teams dan sekarang telah menuju ke Messenger Room.

Messenger Room diluncurkan pada Mei 2020 untuk memenuhi kebutuhan video call selama pandemi COVID-19. Peluncuran tersebut juga dilatarbelakangi atas penurunan Messenger baru-baru ini dari peringkat App Store AS.

Biasanya, Messenger Rooms menempati peringkat 10 besar, tetapi aplikasi ini sempat berada di 15 besar menurut data dari data seluler dan perusahaan analitik App Annie. Setelah pembaruan fitur, aplikasi tersebut telah masuk kembali ke 10 besar.

Pandemi menyebabkan peningkatan tajam bagi pesaing Messenger seperti Houseparty, Fam, Bunch, dan banyak lainnya. Selain itu, pengguna Gen Z juga semakin bersosialisasi berbagai platform game seperti Roblox dan Fortnite.

Adanya integrasi sistem obrolan untuk Messenger, membantu Messenger mempertahankan status aplikasi teratasnya.


Baca juga artikel terkait MESSENGER ROOM atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight