Cara Kompres Ukuran Foto JPEG untuk Daftar Prakerja Gelombang 12

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara perkecil ukuran foto KTP untuk daftar Prakerja Gelombang 12.
tirto.id - Salah satu syarat pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 adalah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang harus diunggah saat peserta membuat akun. Pada awal pendaftaran Prakerja gelombang 12, banyak yang gagal mengunggah KTP karena ukuran foto KTP yang terlalu besar.

Ada beberapa cara untuk memperkecil ukuran foto KTP atau kompres menjadi syarat ukuran yang diminta oleh Prakerja yaitu 2 MB. Di internet, tersedia beragam tool daring untuk memudahkan mengecilkan ukuran foto dalam format JPEG.

Salah satunya situs web yang bisa digunakan adalah Pixlr Express. Cara penggunaan tool editing di situs web ini cukup mudah, ikuti langkah berikut ini.

1. Buka situs web Pixlr Express yang beralamat di pixlr.com/express.

2. Pixlr Express mewajibkan akses flash di peramban. Izinkan akses itu jika muncul notifikasi. Lalu, klik kanan mouse untuk mengaktifkan.

3. Setelah situs web Pixlr Express terbuka, klik menu Browse yang letaknya paling kiri di kotak yang tersedia. Lalu, pilih file foto yang ingin dikecilkan.

4. Berikutnya, klik menu Save yang terletak di pojok kiri atas.

5. Selanjutnya, geser bar ke kiri di menu Quality untuk atur ukuran yang sesuai dengan permintaan Prakerja. Jika sudah klik Save.

6. Berikutnya, muncul opsi simpan di folder komputer dan beri nama dokumen itu. Klik Save untuk download dan menyimpan.

7. Selesai

Selain Pixlr, Anda juga bisa menggunakan beberapa situs web berikut ini.

1. Kraken.io

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Kraken.io dapat dilakukan dalam tiga langkah, yaitu Choose File, pilih mode Optimasi Image, dan pilih Size. Kraken.io akan menampilkan informasi ukuran file foto setelah dikompres pada menu Summary.

Lalu tinggal tunggu sejenak prosesnya, kemudian unduh saat selesai. Kraken.io juga memungkinkan untuk mengecilkan file foto dari non-folder komputer, yakni dari layanan cloud seperti Drive, Box, dan Dropbox. Mengenai outputnya nanti berupa file format ZIP.

Kunjungi situs web Kraken.io pada tautan ini.

2. Image Optimizer

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Image Optimizer dengan klik menu Choose File dari laman utama situs ini untuk mengambil file JPG dari folder komputer, lalu pilih Size (piksel) dan Quality, mulai Minimum hingga Best.

Kemudian, klik Optimize Now! untuk proses selanjutnya. Tunggu sejenak hingga tuntas, kemudian unduh file yang telah dikompres ukuran file-nya. Selesai.

Lain itu, Image Optimizer juga menawarkan software untuk komputer yang bisa di-download gratis untuk penggunaan lebih praktis saat perangkat tak sedang terhubung dengan internet. Unduh di sini.

Kunjungi situs web Image Optimizer melalui tautan ini.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight