Cara Atasi Gagal Upload KTP Saat Daftar Prakerja Gelombang 12

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 23 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Selain syarat ukuran foto dan format filenya, pastikan juga nomor KTP Anda terdaftar saat akan mendaftar Prakerja Gelombang 12.
tirto.id - Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 12 resmi dibuka hari ini, Selasa (23/2/2021). Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan manfaat hingga syarat Prakerja Gelombang 12 masih sama seperti gelombang sebelumnya.

"Manfaat sama presis seperti tahun lalu," tegas Louisa.

Program Prakerja Gelombang 12 ini akan memberikan kesempatan kepada 600.000 peserta dengan target peserta 2,7 juta orang.

Sementara itu, foto kartu tanda penduduk (KTP) menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran Prakerja gelombang 12. Tak jarang para pendaftar Prakerja mengalami kendala dalam mengunggah KTP saat melakukan pendaftaran di www.prakerja.go.id.

Ketahui ketentuan ukuran dan format file foto untuk pendaftaran Prakerja:

1. Bukan Fotokopi dan Seluruh Bagian KTP Berada Dalam Foto

Salah satu penyebab gagalnya upload foto KTP ke akun Prakerja saat melakukan pendaftaran bisa juga disebabkan oleh foto yang tak sesuai ketentuan pendaftaran.

Tim pelaksanaan Program Prakerja mengimbau agar pendaftar memastikan seluruh bagian dari KTP ada dalam foto yang diunggah.

Adanya sebagian sisi KTP yang tak terlihat atau tak tampak, juga berpengaruh dalam proses verifikasi data nantinya. Selain itu pastikan foto KTP yang diunggah saat mendaftar adalah asli dan bukan fotokopi.

Infografik Cara Upload KTP di Kartu Prakerja
Infografik Cara Upload KTP di Kartu Prakerja. tirto.id/Fuad


2. Foto KTP Berukuran Maksimal 2MB

Jika sudah mendapatkan foto KTP, pastikan ukuran file foto yang diunggah tak lebih dari ukuran 2 MB. Ukuran file foto yang melebihi ketentuan akan secara otomotis ditolak oleh mesin.

3. Format Foto JPEG atau PNG

Pastikan format foto yang di-upload adalah JPEG atau PNG. Jika format foto yang diunggah di luar dua format di atas maka mesin otomatis akan menolak unggahan.

4. Koneksi Internet

Jika semua syarat dokumen KTP sudah terpenuhi dan masih gagal mengunggah KTP, pastikan koneksi internet stabil.

Sebaiknya mendaftar menggunakan laptop atau komputer bagi yang memiliki. Jika tak punya, pastikan koneksi pada ponsel juga stabil.

Cara kompres atau mengecilkan file ukuran foto


1. Kraken.io

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Kraken.io dapat dilakukan dalam tiga langkah, yaitu Choose File, pilih mode Optimasi Image, dan pilih Size. Kraken.io akan menampilkan informasi ukuran file foto setelah dikompres pada menu Summary.

Lalu tinggal tunggu sejenak prosesnya, kemudian unduh saat selesai. Kraken.io juga memungkinkan untuk mengecilkan file foto dari non-folder komputer, yakni dari layanan cloud seperti Drive, Box, dan Dropbox. Mengenai outputnya nanti berupa file format ZIP.

Kunjungi situs web Kraken.io pada tautan ini.

2. Image Optimizer

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Image Optimizer dengan klik menu Choose File dari laman utama situs ini untuk mengambil file JPG dari folder komputer, lalu pilih Size (piksel) dan Quality, mulai Minimum hingga Best.

Kemudian, klik Optimize Now! untuk proses selanjutnya. Tunggu sejenak hingga tuntas, kemudian unduh file yang telah dikompres ukuran file-nya. Selesai.

Lain itu, Image Optimizer juga menawarkan software untuk komputer yang bisa di-download gratis untuk penggunaan lebih praktis saat perangkat tak sedang terhubung dengan internet. Unduh di sini.

Kunjungi situs web Image Optimizer melalui tautan ini.

3. Pixlr

Cara mengecilkan ukuran file foto KTP di Pixlr juga tidak kalah praktis dari Kraken.io dan Image Optimizer.

Cara menggunakan situs web Pixlr dimulai dari klik menu OPEN IMAGE dari laman utama situs ini untuk mengambil foto dari folder komputer. Berikutnya klik tombol SAVE yang letaknya pada pojok kanan bawah.

Di menu SAVE ini proses mengecilkan ukuran file foto KTP bisa dilakukan. Pada menu Quality geser bar ke persentase yang diinginkan, sambil memperhatikan output ukuran file foto yang terletak di bawah indikator kualitas LOW MED HIGH.

Jika bar digeser ke kiri, ukuran file foto akan secara otomatis semakin mengecil dan sebaliknya. Bila sudah dirasa mencapai 2MB, silakan klik tombol DOWNLOAD untuk menyimpan hasil kompres foto ke komputer.

Kunjungi situs web Pixlr melalui tautan ini.

Pastikan NIK Terdaftar



Selain syarat ukuran foto dan format filenya, pastikan juga nomor KTP Anda terdaftar saat akan mendaftar Prakerja Gelombang 12.

Dalam FAQ di Kementerian Ketenagakerjaan, seorang calon pendaftar Prakerja menanyakan soal NIK yang tidak terdaftar atau didak ditemukan saat mendaftar Prakerja.

Tim Kemnaker menjawab dengan mengatakan bahwa NIK tidak valid biasanya disebabkan :

- Disdukcapil Kota/Kabupaten tempat peserta tinggal, belum melakukan update database atau sinkronisasi ke Disdukcapil Pusat.

- Peserta yang bersangkutan dapat menghubungi Dukcapil Pusat untuk verifikasi dan cek NIKnya terdaftar atau belum di Call Center : 1500537, Facebook : Ditjen Dukcapil, Whatsapp : 08118005373, Twitter : @ccdukcapil, Email : callcenter.dukcapil@gmail.com dan SMS : 08118005373.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight