Cara Kirim, Download, dan Bikin Stiker WhatsApp Sendiri

Oleh: Ibnu Azis - 8 November 2018
Dibaca Normal 2 menit
Tak hanya developer dan desainer, user biasa juga bisa membuat stiker WhatsApp sendiri.
tirto.id - WhatsApp belum lama ini mengumumkan kehadiran stiker sebagai bagian dari fitur komunikasi aplikasi pesan instan tersebut. Dengan demikian, pengguna memiliki banyak opsi saat mengekspresikan sesuatu di jendela chat, selain menggunakan emoji dan animasi GIF. Lantas, bagaimana cara mengirim, download, dan bikin stiker WhatsApp tersebut.

"Kami sangat senang dapat memperkenalkan cara baru bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka dengan stiker," tulis WhatsApp di laman blog-nya, pada 25 Oktober lalu, dikutip Kamis (8/11/2018).

Cara Kirim Stiker WhatsApp


Untuk memunculkan stiker WhatsApp dan mengirimkannya ke jendela chat caranya cukup mudah. Selengkapnya sebagai berikut ini:


  1. Pastikan aplikasi WhatsApp dimutakhirkan ke versi yang paling baru. Jika belum, maka silakan di-update di toko aplikasi masing-masing (App Store atau Play Store)
  2. Di jendela chat, baik itu grup maupun perorangan, tap ikon emoticon yang letaknya di pojok kiri bawah
  3. Jika sudah, maka tap ikon stiker yang letaknya di bagian bawah sendiri, di samping kanan ikon GIF
  4. Kemudian, tap salah satu stiker terpilih untuk menambahkan ke jendela chat
  5. Gulir ke kanan dan ke bawah untuk melihat stiker lainnya

Cara Menambah dan Download Stiker WhatsApp


Untuk menambah stiker baru, tinggal men-tap ikon plus (+) yang letaknya di sebelah pojok kanan atas saat menu stiker terbuka. Selengkapnya sebagai berikut ini:

  1. Saat jendela stiker terbuka (perhatikan poin ketiga langkah-langkah sebelumnya) tap ikon plus (+) yang terletak di pojok kanan atas
  2. Berikutnya, akan muncul dua kolom: ALL STICKERS dan MY STICKERS
  3. Di kolom ALL STICKERS, tersedia beragam stiker yang bisa diunduh gratis. Tap tombol download untuk memulai unduhan
  4. Apabila koleksi stiker yang ada kurang memuaskan, maka bisa download dari pihak ketika di toko aplikasi masing-masing
  5. Caranya, dari poin nomor tiga, gulir ke bawah dan tap GET MORE STICKERS

Cara Bikin Stiker WhatsApp Sendiri


WhatsApp menjelaskan bahwa mereka membuka kesempatan bagi pihak ketiga, baik desainer maupun pengembang untuk membuat stiker mereka sendiri. Mereka juga dipersilakan untuk mempublikasikannya ke Play Store maupun App Store.

"Kami telah meluncurkan API dan antarmuka yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi stiker yang dapat menambahkan stiker ke WhatsApp pada Android atau iOS," jelas WhatsApp.

Kendati bukan seorang developer maupun desainer, user biasa juga dimungkinkan untuk membuat stiker sendiri dengan bantuan aplikasi tertentu. Hanya dengan beberapa langkah, bikin stiker WhatsApp sendiri bisa dilakukan dalam beberapa menit. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

  1. Download dan instal aplikasi Background Erase dan Personal Stickers for WhatsApp yang tersedia gratis
  2. Buka aplikasi Background Erase dan load foto selfie atau foto objek apapun yang ingin digunakan sebagai stiker di WhatsApp
  3. Buat latar belakang foto tersebut menjadi transparan (PNG) dengan menggunakan tool yang tersedia, bisa secara manual atau magic
  4. Jika sudah yakin dengan foto terpilih, maka tap Save
  5. Berikutnya, buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp
  6. Secara otomatis, aplikasi ini akan mendeteksi foto-foto yang transparan (PNG) hasil olahan dari aplikasi Background Erase (perhatikan poin nomor tiga)
  7. Namun, pastikan minimal ada tiga foto yang tersedia lantaran bila satu atau dua maka tidak bisa digunakan sebagai stiker. Dengan demikian, saat mengolah foto dengan aplikasi Background Erase buat minimal tiga foto
  8. Berikutnya, tap tombol Add yang tersedia, maka stiker tersebut otomatis terunduh ke WhatsApp dan akan terletak di kolom MY STICKERS

WhatsApp saat menggulirkan fitur stiker terbilang terlambat lantaran aplikasi kompetitor, sebut saja BBM dan LINE sudah menghadirkan itu jauh-jauh hari.

Menurut Techcrunch, pada Q4 2017 WhatsApp tercatat memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan yang mengirim 60 miliar pesan per hari. Angka tersebut menjadi indikator bahwa WhatsApp adalah alat komunikasi global di seluruh dunia.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight