Cara Dapat Token Listrik Gratis PLN www.pln.co.id Sampai September

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara dapat token listrik gratis PLN di www.pln.co.id dan lewat WhatsApp hingga September 2020.
tirto.id - Pemberian subsidi listrik PLN diperpanjang hingga September 2020, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers daring Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta.

“Subsidi listrik untuk 450 VA (untuk) 24 juta rumah tangga, 900 VA (untuk) 7,2 juta rumah tangga yang subsidi dari mulai April hingga Juni, sekarang akan diperpanjang menjadi sampai September,” katanya, seperti dikutip Antara News.

Pemerintah telah membebaskan tarif listrik untuk pelanggan 450 volt ampere (VA) selama April hingga Juni 2020. Selain itu, ada pemangkasan 50 persen tarif listrik untuk pelanggan 900 VA juga mulai April hingga Juni 2020.

Pemberian keringanan tarif listrik ini merupakan salah satu dari enam kebjakan bantuan pemerintah bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi kecil yang tertekan akibat wabah COVID-19.

Cara Dapat Token Listrik Gratis untuk 450 VA


Mekanisme pembebasan biaya listrik bagi pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar tidak sama.

- Pelanggan dengan listrik daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada ketiga bulan tersebut.

- Pelanggan dengan daya listrik 450 VA prabayar dapat memperoleh token gratis tersebut dengan mengirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Cara Dapat Token Listrik Gratis untuk 900 VA


Sementara itu, bagi pelanggan daya listrik 900V bersubsidi kategori prabayar, token gratis 50 persen dapat diperoleh melalui Whatsapp atau situs web PLN di www.pln.co.id.

Diskon yang diberikan senilai dengan pemakaian bulanan tertinggi selama tiga bulan terakhir.

Bagi pelanggan kategori pascabayar daya 900V bersubsidi akan secara otomatis mendapatkan potongan biaya listrik sebesar 50 persen hingga September 2020.

Ada dua cara untuk mengakses listrik gratis dan diskon 50 persen yakni melalui laman PLN dan Whatsapp PLN. Berikut adalah cara untuk mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen melalui situs web PLN:

1. Buka situs www.pln.co.id
2. Masuk ke menu pelanggan, dan menuju ke pilihan stimulus Covid-19
3. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
4. Token gratis akan ditampilkan di layar, masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Sementara itu, untuk mendapatkan token gratis dan diskon 50 persen melalui Whatsapp, Anda dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Whatsapp
2. Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123
3. Ikuti petunjuk, salah satunya adalah dengan memasukkan ID Pelanggan
4. Token gratis akan muncul yang dapat dimasukkan ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Menteri Sri Mulyani mengatakan pemerintah mengalokasikan Rp6,9 triliun diskon tarif listrik untuk mendukung konsumsi masyarakat yang dianggarkan dalam dana pemulihan ekonomi nasional.


Baca juga artikel terkait PLN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight