Cara Daftar Vaksin Booster Semarang & Cek Info Jadwal Vaksinasi

Penulis: Addi M Idhom - 12 Jan 2022 19:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini cara daftar vaksinasi booster dan cek ketersediaan vaksin dosis ketiga di Kota Semarang mulai 12 Januari 2022.
tirto.id - Masyarakat di Kota Semarang, Jawa Tengah sudah bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ke-3, mulai Rabu, 12 Januari 2022. Vaksinasi dosis ketiga tersebut sebenarnya dapat diikuti oleh masyarakat umum di Kota Semarang, tapi sementara ini diprioritaskan untuk lansia dan kelompok rentan.

"Vaksinasi booster bagi masyarakat umum sudah dimulai," demikian pengumuman Dinkes Kota Semarang di akun instagram resminya. "Saat ini, pelaksanaannya masih diprioritaskan bagi lansia dan kelompok rentan yang sudah lebih dari 6 bulan setelah menerima vaksinasi dosis kedua."

Adapun masyarakat rentan yang jadi salah satu prioritas vaksinasi booster berasal dari kategori usia 18 tahun ke atas. Sesuai info Kementerian Kesehatan (Kemkes), kelompok rentan itu ialah penderita imunokompromais.

Kemkes juga memastikan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster akan dilakukan secara bertahap. Di bulan Januari 2022, vaksinasi booster akan menyasar sekitar 21 juta orang.


Syarat Vaksinasi Booster di Kota Semarang

Dinkes Kota Semarang juga menginformasikan bahwa vaksin booster tersedia 3 jenis. Sebagaimana yang tersedia di daerah lain, 3 jenis vaksin booster yang masing-masing diberikan dengan setengah dosis itu adalah:

  • AstraZeneca (0,25 ml) bagi warga yang telah menerima 2 dosis Sinovac
  • Pfizer (0,15 ml) bagi warga yang telah menerima 2 dosis Sinovac
  • Moderna (0,25 ml) bagi warga yang telah menerima 2 dosis Sinovac.

Setidaknya ada 5 syarat untuk mendaftar ikut vaksinasi booster di Kota Semarang. Kembali menyitir pengumuman dari Dinkes Kota Semarang, kelima syarat itu sebagai berikut:

  • Sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya
  • Membawa fotokopi KTP/KK saat menjalani vaksinasi booster
  • Menunjukkan sertifikat vaksin/kartu vaksin dosis ke-2 saat vaksinasi booster
  • Sudah memiliki e-tiket booster di aplikasi PeduliLindungi
  • Daftar vaksin booster di victori.semarangkota.go.id untuk menyesuaikan dengan kuota harian.

Pengecekan e-tiket bisa dilakukan di laman atau aplikasi PeduliLindungi. Kelompok sasaran prioritas akan otomatis mendapatkan e-tiket di Pedulilindungi.

Adapun pendaftaran dan pengecekan info jadwal maupun lokasi vaksinasi booster di Kota Semarang bisa diakses via laman victori.semarangkota.go.id/info.

Vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan. Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.

Jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Pemberian vaksin booster bertujuan mempertahankan tingkat kekebalan masyarakat serta memperpanjang masa perlindungan dari COVID-19.


Cara Cek e-Tiket dan Daftar Vaksin Booster di Semarang

Masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik "Periksa."

Adapun jika mengecek e-tiket vaksin booster melalui aplikasi PeduliLindungi, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun
  • Cek tiket vaksin dengan masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

Jika termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Lalu, cara mendaftar dan mengecek ketersediaan kuota vaksin booster di Kota Semarang adalah berikut ini:

  • Buka laman victori.semarangkota.go.id/info
  • Pilih tanggal pelaksanaan vaksinasi di kolom "Pilih Tanggal"
  • Pilih dosis 3 di kolom "Dosis"
  • Klik "Lihat"
  • Cari lokasi vaksinasi yang hendak dikunjungi
  • Klik ikon "Ambil Kupon" jika kuotas masih tersedia
  • Lalu, ketik nama dan NIK di kolom yang tersedia (bagian paling bawah)
  • Klik "Simpan."

Setelah mendapatkan kupon vaksin Booster, peserta vaksinasi tinggal mendatangi faskes lokasi penyuntikan pada hari dan jam sesuai dengan jadwal.

Saat dicek pada Rabu malam, tanggal 12 Januari 2022, kuota vaksin booster di Kota Semarang tersedia hingga 17 Januari mendatang. Data ketersediaan vaksin di laman victori.semarangkota.go.id akan terus diperbarui.

Baca juga artikel terkait VAKSIN BOOSTER atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Yantina Debora

DarkLight