Cara Daftar Shopee Affiliate, Tokopedia, Blibli, Lazada & Untungnya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 5 Agu 2022 09:37 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Program affiliate ini memungkinkan anggota mendapatkan komisi penjualan melalui link yang mereka sebarkan di berbagai media.
tirto.id - Program affiliate dari marketplace memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk mendapatkan komisi penjualan hanya dengan membagikan link khusus.

Sejumlah marketplace di Indonesia menggenjot penjualan di situs mereka dengan melibatkan anggota melalui program affiliate. Program ini memungkinkan anggota mendapatkan komisi penjualan melalui link yang mereka sebarkan di berbagai media. Link tersebut kemudian bisa diakses oleh pembeli yang kemudian melakukan transaksi di marketplace tertentu.

Simbiosis ini telah dijalankan oleh marketplace Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Shopee. Tidak sedikit anggota affiliate mendapatkan komisi besar atas penjualan yang mereka usahakan per bulannya. Setiap transaksi dari link affiliate bahkan bisa menghasilkan komisi sampai Rp50 ribu.

Cara kerjanya pun mudah. Anggota dapat memilih produk-produk yang akan ditawarkan, lalu membagikan link affiliate produk tersebut di media sosial, grup chat, hingga blog mereka. Begitu ada transaksi yang sukses, komisi affiliate akan masuk ke saldo anggota.

Lalu, untuk mendaftar jadi anggota affiliate cenderung mudah. Berikut langkahnya untuk program affiliate di Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Shopee:

1. Tokopedia Affiliate

Tokopedia Affiliate menawarkan komisi affliate hingga 10 persen dengan nilai maksimal Rp50 ribu per penjualan. Anggota tidak diberikan persyaratan minimal follower di media sosial. Dikutip dari laman Tokopedia, proses pendaftarannya sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Tokopedia lalu klik ikon garis tiga.
  2. Pilih Layanan Lainnya
  3. Pilih Tokopedia Affiliate.
  4. Klik Daftar Sekarang. Klik Daftar/Login.
  5. Masukkan data sosial media dan data pendukung. Klik Selanjutnya.
  6. Klik Daftar pada halaman syarat dan ketentuan.
  7. Tunggu proses verifikasi dalam waktu 1x24 jam.
2. Blibli Affiliate

Program affiliate di Blibli memberikan komisi paling tinggi 4 persen untuk transaksi penjualan melalui link afiliasi.

Durasi cookie atau batas maksimum tercatat sebagai referer tiap pengunjung yang bertransaksi di Blibli yaitu selama 30 hari. Cara pendaftarannya sebagai berikut:
  1. Klik link “Affiliate Program” pada footer website Blibli.com.
  2. Halaman akan diarahkan pada halaman Affiliate di tautan ini. Lanjutkan dengan klik tombol “Daftar Sekarang”
  3. Tampilan akan diarahkan pada halaman sign up di tautan ini. Isi data yang diperlukan dengan benar.
  4. Setelah melakukan proses sign up (pendaftaran), tim Blibli.com akan melakukan review terhadap akun dan nantikan email selanjutnya.
3. Lazada Affiliate

Lazada juga memiliki program affiliate yang dapat diakses melalui tautan ini. Berikut cara pendaftaran program affiliate di Lazada,
  1. Buka laman resmi Lazada Affiliate di tautan ini
  2. Login ke akun, atau daftar akun bila belum memilikinya
  3. Tampilan yang diteruskan ke laman registrasi. Lalu isi formulir pendaftaran online dan ada empat tahap yang harus diisi datanya dengan benar.
  4. Masukkan email dan kode verifikasi yang dikirim ke email terdaftar. Jika selesai, pilih Continue
  5. Lengkapi data diri pada kolom Basic Information. Lalu, klik Continue
  6. Tuliskan deskripsi jenis akun media sosial, blog, atau situs yang nantinya dipakai dalam promosi produk Lazada Affiliate.
  7. Baca dan setujui Syarat dan Ketentuan
  8. Klik tombol Submit Now
  9. Saat semua tahap selesai maka pendaftar telah menjadi anggota affliate. Selanjutnya, laman akan menuju ke dashboard Lazada Affiliate.
4. Shopee Affiliate

Program affiliate Shopee diperuntukkan untuk penawaran produk-produk di kategori Shopee Mall, Supermarket, Star+, dan Star. Nilai komisinya mulai dari 2,5 persen sampai 10 persen. Maksimal nilai komisi per penjualanya yaitu Rp10 ribu.

Kendati demikian, Shopee masih menawarkan promo menarik bagi anggota affiliate-nya. Misalnya yaitu komisi ekstra 3 kali lipat, produk dan voucher gratis, hingga bonus komisi 15 persen dari Shopee Affiliates Team.

Cara mendaftar affiliate Shopee sebagai berikut:
  1. Kunjungi laman https://www.shopee.co.id/aff pada browser, atau cari “Shopee Affiliates Program” pada fitur Pencarian di aplikasi Shopee.
  2. Pastikan sudah login ke akun Shopee Anda sebelum mendaftar
  3. Isi informasi yang dibutuhkan secara rinci dan benar
  4. Setelah berhasil mendaftar, tunggu selama maksimal 3 hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee.
  5. Setelah diterima, anggota affiliate dapat mulai mendapatkan mempromosikan produk-produk Shopee menggunakan link affiliate.


Baca juga artikel terkait PROGRAM AFFILIATE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight