Cara Daftar BPUM Juni 2021 & Link Pendaftaran Sejumlah Kota di Jawa

Oleh: Addi M Idhom - 8 Juni 2021
Dibaca Normal 5 menit
Pendaftaran BPUM 2021 secara online dibuka kembali oleh sejumlah pemda di Pulau Jawa pada bulan Juni.
tirto.id - Pendaftaran calon penerima BPUM (Bantuan Pelaku Usaha Mikro) pada tahun 2021 kembali dibuka di sejumlah kabupaten/kota. Sebagian pemda kabupaten/kota di Pulau Jawa mengumumkan waktu pendaftaran BPUM secara online dibuka lagi sejak akhir Mei hingga pertengahan Juni 2021.

Pendataan calon penerima BPUM atau BLT UMKM pada tahun 2021 dilakukan secara langsung oleh pemda tingkat kabupaten/kota. Mekanisme ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun 2021.

Data yang dikumpulkan oleh dinas-dinas koperasi dan UMKM dari setiap kabupaten/kota kemudian akan dikirim kepada KemenkopUKM untuk diverifikasi. Pihak yang berwenang menentukan pelaku usaha mikro yang berhak menerima BPUM adalah KemenkopUKM.

Jika lolos menjadi penerima BPUM 2021, pelaku usaha mikro akan menerima bantuan senilai Rp1,2 juta lewat bank-bank penyalur yang telah ditunjuk oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Mereka yang mendaftar bisa mengecek statusnya lolos sebagai penerima BPUM atau tidak dengan mengunjungi laman eform.bri.co.id dan mengklik menu Cek Data BPUM di bagian bawah situs.

Langkah berikutnya, memasukkan nomor KTP dan menuliskan kode verifikasi, dan kemudian klik ikon Proses Inquiry. Lalu, situs milik BRI tersebut akan muncul pesan yang menunjukkan pemilik nomor KTP menjadi penerima BPUM atau tidak.

Alternatif lainnya, pelaku usaha mikro yang sudah mendaftar bisa menunggu pemberitahuan dari bank penyalur mengenai status mereka sebagai penerima BPUM 2021. Informasi yang serupa juga bisa ditanyakan ke dinas koperasi-UMKM di kabupaten/kota masing-masing.


Cara Daftar BPUM Online untuk Sejumlah Kota di Jawa

Penyaluran dana bantuan BPUM pada 2021 direncanakan menyasar 12,8 juta pelaku usaha mikro, dengan total anggaran mencapai Rp15,36 triliun. Dana tersebut disalurkan dalam 2 tahap.

Deputi bidang Usaha Mikro KemenkopUKM Eddy Satriya mengumumkan penyaluran BPUM tahap 1 sudah dilakukan, dengan jumlah penerima mencapai 9,8 juta orang. Masih ada dana Rp3,6 triliun yang akan diberikan pada 3 juta penerima pada penyaluran tahap 2.

"Kami sudah meminta data-data pengusul baru kepada dinas kabupaten/kota dan rencananya paling telat 28 Juni deadline-nya," ujar Eddy pada Senin, 7 Juni 2021.


Maka itu, sejumlah pemda kabupaten/kota mengumumkan pembukaan kembali pendaftaran calon penerima BPUM 2021 sejak akhir Mei lalu. Pemda-pemda itu membuka pendaftaran BPUM secara online, meski sebagian juga mewajibkan penyerahan berkas ke kantor dinas UMKM setempat.

Setidaknya sudah ada 10 pemda kabupaten/kota di Pulau Jawa yang mengumumkan pembukaan kembali pendaftaran calon penerima BPUM 2021 hingga pertengahan bulan Juni. Perinciannya ada di bawah ini.

1. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kota Surakarta

Dinas Koperasi-UKM Kota Surakarta, Jawa Tengah, membuka kembali pendaftaran calon penerima BPUM pada 24 Mei 2021 sampai dengan 16 Juni 2021. Pendaftaran secara online akan ditutup pada tanggal 16 Juni Pukul 20.00 WIB.

Mereka yang bisa mendaftar ialah pemilik KTP Kota Surakarta, punya usaha mikro yang dibuktikan dengan NIB (Nomor Induk Berusaha) atau Surat Keterangan Domisili Usaha dari Kelurahan, tidak sedang mengakses pinjaman KUR atau kredit/pinjaman dari bank lainnya, serta tidak berstatus PNS atau anggota TNI/Polri atau pegawai BUMN/BUMD.

"Bagi pemohon/UMKM yang sudah mendaftar BPUM dan sudah mengumpulkan berkas usulan ke Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta tahun 2020 dan 2021 tahap I tidak perlu mendaftar lagi pada tahap ini," begitu pengumuman Dinas Koperasi-UKM Kota Surakarta.

Adapun tata cara pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • Pemohon wajib mendaftar melalui eform https://bit.ly/BPUMSka20212
  • Link pendaftaran online dapat diakses mulai 24 Mei 2021 sampai dengan 16 Juni 2021 Pukul 20.00 WIB
  • Lalu, pemohon mengumpulkan berkas di kantor Dinas Koperasi-UKM Kota Surakarta pada jam pelayanan (Senin s/d Kamis pukul 08.00 s/d 15.30 WIB, Jumat 07.30 s/d 11.00 WIB)
  • Pemohon wajib melampirkan berkas-berkas: Bukti Pendaftaran Online BPUM yang dapat diunduh melalui email yang telah dilampirkan saat mendaftar; Fotokopi KTP Elektronik (Kartu Tanda Penduduk) Pemohon; Fotokopi KK (Kartu Keluarga) Pemohon; Fotokopi Izin Usaha (NIB/Surat Keterangan Domisili Usaha);
  • Pengumpulan berkas di kantor Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta mulai tanggal 24 Mei 2021 sampai dengan 18 Juni 2021 Pukul 11.00 WIB.
  • Informasi selengkapnya, bisa dilihat melalui link ini.

2. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kabupaten Cilacap

Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengumumkan pembukaan pemdaftaran BPUM 2021 Tahap 2 pada 7 Juni kemarin lewat akun instagram resminya. Pendafaran calon penerima BPUM di Cilacap tersebut dibuka sampai tanggal 17 Juni 2021.

Persyaratan umum bagi pendaftar tidak jauh berbeda dari yang berlaku di daerah lain. Pendaftaran juga menganut skema 2 tahap, yakni via formulir online (eform) dan diikuti penyerahan berkas. Hanya saja, penyerahan berkas di Cilacap bisa dilakukan melalui kantor-kantor desa/kelurahan.

Tata cara mendaftar adalah sebagai berikut:

  • Mendaftar dengan mengisi google form di link bit.ly/BPUMKABCLP
  • Buka email dulu sebelum mengisi eform
  • Lalu, menyerahkan sejumlah berkas pendaftaran ke kantor desa/kelurahan
  • Berkas yang dikumpulkan adalah: fotokopi KTP dan KK, fotokopi NIB-IUMK/SIUP/SKU, foto tempat usaha dan produk usaha, serta nomor HP yang bisa dihubungi
  • Batas waktu maksimal penyerahan berkas adalah 2 hari setelag pendaftaran online
  • Info selengkapnya klik link ini.

3. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kota Pekalongan

Melalui akun instagram resminya, Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah, mengumumkan pendaftaran calon penerima BPUM 2021 dibuka kembali bagi warga daerah tersebut. Pendaftaran BPUM Tahap 2 ini dibuka secara online pada tanggal 2-21 Juni 2021.

Pendaftaran BPUM di Kota Pekalongan bisa dilakukan secara online via link e-form berikut:

tinyurl.com/bpum21kotapkl

Pelaku usaha mikro dapat mendaftar secara online lewat link eForm tersebut pada setiap jam kerja, mulai pukul 08.00 WIB.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Dindagkop Kota Pekalongan, Tjandrawati menjelaskan, maksimal satu hari setelah pendaftaran online pada jam kerja, pemohon BPUM harus menyerahkan berkas fisik/asli pendaftarannya ke kantor Dindagkop-UKM Kota Pekalongan.

Persyaratan umum untuk pendaftar pun tidak jauh berbeda dari daerah lainnya. Selain harus menyerahkan KTP Kota Pekalongan, KK, Surat Keterangan Usaha (SKU) yang disahkan oleh kelurahan/desa atau Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diperoleh melalui pendaftaran online OSS di DPMPTSP setempat, dan foto produk usaha, pendaftar juga wajib menyerahkan berkas surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM).

SPTJM harus dibuat sesuai format yang diberlakukan oleh Dindagkop-UKM Kota Pekalongan. Format SPTJM tersebut bisa diakses melalui link tinyurl.com/sptjm21. Untuk melihat informasi selengkapnya klik link ini atau link ini.

4. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kabupaten Pemalang

Diskoperindag Pemalang, melalui akun twitter resminya, mengumumkan pembukaan kembali Pendaftaran BPUM secara online untuk warga salah satu kabupaten di Jawa Tengah tersebut. Pendaftaran BPUM di Kabupaten Pemalang dibuka kembali sejak 24 Mei 2021. Hingga 8 Juni 2021, formulir pendaftaran online masih bisa diakses dan belum ada informasi tanggal penutupan.

Link pendaftaran BPUM online di Kabupaten Pemalang adalah:

bit.ly/Pendaftaran-BPUM2021-Pemalang

Cara pendaftarannya, yakni melakukan pendaftaran secara online dan mencetak bukti pendaftaran. Kemudian, bukti pendaftaran itu diserahkan ke kantor desa/kelurahan atau kantor Disperindagkop Pemalang disertai berkas fotocopy KTP, KK, Ijin Usaha dan nomor HP yang aktif. Penyerahan berkas paling lambat 2 hari setelah pendaftaran online.

5. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kabupaten Grobogan

Dinas Koperasi-UKM Grobogan, membuka pendaftaran BPUM secara online bagi warga salah satu kabupaten di Jawa Tengah tersebut pada tanggal 21 Mei sampai 17 Juni 2021. Melalui situs resminya, Dinas Koperasi-UKM Grobogan mengumumkan bahwa instansi tersebut tidak menerima berkas dan pendaftaran BPUM secara langsung.

Link pendaftaran online untuk menjadi calon penerima BPUM 2021 di Grobogan adalah:

bit.ly/BPUMGrobogan2021

Persyaratan umum bagi pendaftar tidak jauh berbeda dari yang berlaku di daerah lainnya. Informasi selengkapnya bisa diakses via link ini.

6. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kabupaten Bogor

Dinas Koperasi-UKM Kabupaten Bogor membuka kembali pendaftaran online untuk calon penerima BPUM tahun ini hingga tanggal 25 Juni 2021. Pendaftaran secara online melalui link resmi dari Dinas Koperasi-UKM Kabupaten Bogor hanya bisa diakses pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB setiap hari.

Link eForm untuk pendaftaran BPUM Online 2021 bagi warga Kabupaten Bogor adalah:

bit.ly/BPUMKABBOGORTAHAP2

Saat melakukan pendaftaran online, pelaku usaha mikro asal Kabupaten Bogor harus mengunggah dokumen foto KTP, KK, NIB atau SKU, dan foto diri sedang melakukan kegiatan usaha. Untuk melihat info selengkapnya, klik link ini.

7. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kota Malang

Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang kembali membuka pendaftaran BPUM pada bulan Juni 2021. Pemdaftaran calon penerima BPUM Tahap 2 tersebut dibuka secara online hingga tanggal 25 Juni 2021, pukul 12.00 WIB.

Melalui akun instagram resminya, Dikopindag Kota Malang mengumumkan pendaftaran calon penerima BPUM 2021 untuk warga asal salah satu kota di Jawa Timur tersebut hanya melalui link eForm di bawah ini:

bit.ly/BPUMKOTAMALANG2021

Dalam pengumumannya, Dikopindag Kota Malang menyarankan pendaftar mengupload berkas persyaratan yang sudah difoto. Pendaftar juga tidak perlu membawa berkas ke kantor Dikopindag Kota Malang. Informasi selengkapnya klik link ini.

8. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kabupaten Banyuwangi

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi membuka kembali pendaftaran calon penerima BPUM 2021 via online sejak awal bulan ini. Pendaftaran BPUM Online di Kabupate Banyuwangi dibuka hingga tanggal 28 Juni 2021.

Link pendaftaran online untuk calon penerima BPUM 2021 di Kabupaten Banyuwangi adalah:

bit.ly/daftarbpum2021

Akun instagram resmi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi mengumumkan, mekanisme pandaftaran memakai alur 2 tahap. Setelah melakukan mengisi formulis pendaftaran online, pendaftar harus menyerahkan berkas.

Penyerahan berkas dilakukan ke kantor Rumah Kreatif Banyuwangi yang dibuka pada Senin-Kamis pukul 08.00-13.00 WIB. Adapun berkas yang dikumpulkan ialah fotocopy KTP, KK, Buku Tabungan, NIB atau SKU, dan foto tempat usaha yang dicetak. Informasi selengkapnya bisa diakses lewat link ini.

9. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta mengumumkan pembukaan kembali pendaftaran calon penerima BPUM 2021 bagi warga daerah tersebut. Jadwal pendaftaran BPUM di Kota Yogyakarta dibuka selama tanggal 1-18 Juni 2021.

Pendaftaran calon penerima BPUM 2021 di Kota Yogyakarta melalui mekanisme 2 tahap, yakni mengisi formulir online yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan berkas ke kantor-kantor kelurahan tempat domisili pelaku usaha mikro.

Mengutip pengumuman Pemkot Yogyakarta pada awal Juni lalu, berikut cara pendaftaran BPUM online di Kota Jogja:

  • Masuk via aplikasi Jogja Smart Service/JSS (di Google Playstore)
  • Atau masuk ke laman jss.jogjakota.go.id
  • Masuk dengan akun yang sudah terdaftar
  • Jika belum punya akun, registrasi dulu dengan klik Daftar
  • Setelah masuk, pilih menu Pendaftaran BPUM 2021
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir online secara lengkap dan benar
  • Siapkan berkas berupa: print out hasil pendataran online, fotocopy KTP, KK, NIB/IUM
  • Serahkan berkas ke kantor kelurahan setempat pada setiap jam kerja
  • Informasi selengkapnya bisa diakses via link ini atau link ini.

10. Pendaftaran BPUM Online 2021 di Kabupaten Sleman

Dinas Koperasi-UKM Kabupaten Sleman mengumumkan bahwa pendaftaran calon penerima BPUM 2021 kembali dibuka sejak akhir Mei lalu. Pendaftaran online dibuka selama tanggal 25 Mei sampai 15 Juni 2021.

Dinas Koperasi-UKM Sleman menyiapkan laman khusus untuk pendaftaran calon penerima BPUM di daerahnya, yakni via link:

dataumkm.slemankab.go.id/bpum

Selain melakukan pendaftaran online, pemohon bantuan BPUM di Kabupaten Sleman juga harus menyerahkan berkas persyaratan ke kantor desa/kelurahan masing-masing, sesuai lokasi usaha.

Penyerahan berkas bisa dilakukan pada Senin-Jumat, setiap jam kerja. Sejumlah berkas yang diserahkan adalah: fotokopi bukti nomor registrasi (hasil cetak setelah melakukan pendaftaran online), fotokopi KTP, fotokopi KK, dan fotokopi NIB atau SKU.

Baca juga artikel terkait BPUM 2021 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight