Cara Cari Pelatihan Prakerja 2022 Sesuai Minat

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 10 Mar 2022 18:46 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Peserta Prakerja dapat mempergunakan fitur Cari Pelatihan untuk menemukan pelatihan yang sesuai dengan minatnya.
tirto.id - Pendaftar yang dinyatakan diterima dalam program Kartu Prakerja harus segera memulai setidaknya pelatihan atau kursus pertamanya. Peserta diberikan saldo sebesar Rp1 juta untuk membeli kursus yang diminati. Semua saldo bisa dihabiskan untuk membeli kursus sebanyak-banyaknya.

Kendati demikian, program kartu Prakerja memberikan tenggat waktu bagi peserta dalam membeli pelatihan. Mengutip situs Prakerja, saldo harus sudah dipakai membeli pelatihan pertama dalam tenggat waktu 30 hari sejak seseorang dinyatakan diterima sebagai peserta.

Di samping itu, bagi peserta yang belum juga membeli pelatihan pertamanya dalam tenggat tersebut, maka kepesertaannya dinonaktifkan.

Pelatihan pertama merupakan akses menuju pemberian insentif bagi peserta. Saat peserta berhasil menyelesaikan dan mendapatkan sertifikat digital pertamanya, maka akan dijadwalkan memperoleh insentif biaya mencari kerja yang senilai Rp600 ribu yang dibayarkan per bulan selama 4 bulan berturut-turut. Peserta juga memperoleh insentif survey evaluasi yang besarnya Rp50 ribu per survey.

Kendati demikian, peserta sebaiknya memanfaatkan benar-benar kesempatan mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan potensi diri. Sebab, pilihan pelatihan yang disediakan sangat beragam dan diajar oleh mentor berkompeten. Oleh sebab itu, program Kartu Prakerja perlu dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan diri melalui pelatihan yang sesuai minat.

Cara Mencari Pelatihan Sesuai Minat



Kini pelatihan yang bisa dipilih dalam Prakerja dapat dicari menyesuaikan minat peserta. Dalam situs www.prakerja.go.id telah ditambahkan fitur Cari Pelatihan.

Pada fitur ini menyediakan opsi pencarian berdasarkan kategori yang diminati. Rincian kategori tersebut meliputi deskripsi, rating, dan harganya. Adanya tambahan fitur ini membuat peserta bisa membandingkan pelatihan satu dengan lainnya.

Mengutip unggahan sosial media Prakerja, cara mempergunakan fitur Cari Pelatihan di situs Prakerja seperti berikut:

  1. Klik tab "Pelatihan" yang ada di dashboard Kartu Prakerja;
  2. Ketikkan kata kunci pelatihan yang sesuai dengan minat;
  3. Daftar pelatihan akan muncul pada tampilan layar. Peserta dapat menyaring pelatihan sesuai kategori yang diinginkan yaitu berdasar harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, atau cara mengajar;
  4. Pilih pelatihan yang cocok sesuai minat. Cek rating dan ulasan untuk memantapkan pilihan;
  5. Pilih platform digital yang akan digunakan sebagai tempat membeli pelatihan dan lakukan pembelian.



Baca juga artikel terkait PRAKERJA 2022 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora

DarkLight