Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja di LinkAja, GoPay, DANA & OVO

Oleh: Maria Ulfa - 5 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Dana insentif Program Kartu Prakerja bisa dicarikan lewat platform pembayaran digital seperti LinkAja, GoPay, DANA, dan OVO.
tirto.id - Pelaksana program Prakerja mengatakan, sejumlah dana insentif Desember 2020 sudah tersalurkan. Bagi peserta yang belum menerima dana tersebut diminta tenang karena insentif akan kembali disalurkan pada hari ini, Selasa (5/1/20210.

Dana insentif Program Kartu Prakerja dapat diperoleh para peserta tidak hanya melalui rekening bank BNI, tapi bisa juga lewat platform pembayaran digital seperti LinkAja, GoPay, DANA, dan OVO.

Dana insentif tersebut sebesar Rp600 ribu setiap bulan selama 4 bulan, dan Rp150 ribu sebagai insentif survei program untuk 3 kali survei.

Para peserta diharuskan memilih akun LinkAja sebagai e-wallet untuk menerima dana insentif pada saat registrasi Program Kartu Prakerja. Dana insentif tersebut akan diberikan setelah program pelatihan selesai sesuai yang disyaratkan.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat LinkAja


Berikut adalah cara untuk mendapatkan dana insentif Kartu Prakerja melalui LinkAja.

1. Pastikan Anda menyelesaikan pelatihan yang telah dipilih di mitra pembelajaran Program Kartu Prakerja.

2. Unduh aplikasi LinkAja melalui Google Play Store pada perangkat Android, atau Apple Store pada perangkat iOS.

3. Pilih penyaluran dana insentif Program Kartu Prakerja melalui LinkAja.

4. Nyalakan notifikasi aplikasi LinkAja sehingga Anda akan tahu kapan dana insentif tersebut masuk.

Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan harian termasuk membayar token listrik, membeli paket internet, dan lain-lain.

Sementara itu, Anda juga dapat mengirimkannya ke rekening bank untuk mencairkannya secara tunai.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat GoPay


Berikut ini adalah cara mencarikan dana insentif Kartu Prakerja lewat GoPay.

Jika Anda ingin insentif Anda dibayar melalui GoPay, pastikan dua hal di bawah ini:

1. Nomor Gojek Anda sama dengan nomor yang Anda daftarkan di Kartu Prakerja.

2. Anda telah meningkatkan akun Anda ke GoPay Plus.

3. Nomor identitas Anda di kartu identitas yang Anda gunakan untuk meningkatkan ke GoPay Plus sama dengan yang Anda daftarkan di Kartu Prakerja.

Kemudian Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini saat Anda diminta untuk memilih metode pembayaran insentif Anda:
  • Pilih GoPay.
  • Pastikan nomor telepon Anda di Halaman Konfirmasi sudah benar.
  • Masukkan kode OTP dan PIN GoPay.
Anda akan menerima insentif melalui GoPay setelah Anda menyelesaikan kursus pertama atau setelah mengikuti berbagai kursus. Insentif akan dikirim secara kumulatif berdasarkan kebijakan Kartu Prakerja.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat DANA


Berikut ini adalah cara mencarikan dana insentif Kartu Prakerja lewat DANA.

Cara penggunaan Kartu Prakerja dengan DANA cukup mudah. Pertama, peserta bisa masuk langsung ke laman resmi Kartu Parkerja dan pilih sambung rekening.

Selanjutnya, pilih dan ketuk DANA untuk menyambungkan. Konfirmasi nomor ponsel dan masukan pin DANA yang Anda miliki. Insentif akan dikirimkan setelah peserta menyelesaikan program pelatihan.

Cara Cairkan Insentif Prakerja Lewat OVO



Berikut ini adalah cara mencarikan dana insentif Kartu Prakerja lewat OVO.

Untuk mencairkan dana Program Kartu Prakerja melalui OVO, para pendaftar program Kartu Prakerja harus memasukkan nomor ponsel aktif yang telah terdaftar dalam OVO pada saat registrasi. Sementara itu, akun OVO juga harus menjadi akun OVO premier.

Untuk meng-upgrade akun menjadi OVO premier, yang diperlukan hanyalah KTP saja. Buka aplikasi OVO, lalu ketuk banner “Upgrade ke OVO Premier”. Nantinya, para pengguna akan diminta untuk foto diri dengan memegang KTP.

Apabila akun telah terverifikasi menjadi akun OVO Premier, Anda dapat mengirimkan uang insentif pada rekening Anda menggunakan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke aplikasi OVO, pilih menu transfer

2. Pilih bank yang dituju

3. Ketik nomor rekening dan nominal uang yang akan ditransfer. Akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp2.500 untuk sekali pengiriman uang menuju rekening bank.

Selain mendapatkan biaya pelatihan dan insentif bantuan tersebut, para peserta Program Kartu Prakerja juga akan mendapatkan sertifikat.

Untuk mendaftar pada program pemerintah tersebut, Anda harus memenuhi syarat yakni: WNI, berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Bila Anda memenuhi syarat tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri di laman prakerja.go.id. Selanjutnya, Anda diharuskan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki setiap peserta.

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengikuti dan menyelesaikan pelatihan apapun yang diinginkan.

Saat ini, Program Kartu Prakerja telah bekerja sama dengan mitra platform digital Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir, sebagai mitra pelatihan peserta.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight