Cara Bikin Email Baru untuk Daftar Prakerja Gelombang 12 di HP

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 24 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara buat email baru di HP untuk daftar Prakerja gelombang 12.
tirto.id - Pendaftaran Prakerja gelombang 12 telah dibuka pada 23 Februari 2021. Pendaftaran bisa dilakukan sampai 26 Februari. Dalam pendaftaran ini, banyak peserta yang mengeluhkan soal gagal pendaftaran karena email yang dianggap tidak valid sehingga tidak bisa diverifikasi.

Jika pendaftaran gagal dilakukan, akan muncul pemberitahuan setelah Anda menyelesaikan pengisian data nama, NIK dan Nomor Keluarga. Umumnya, jika email eror, akan muncul ketentuan email yang bisa digunakan untuk daftar Prakerja.

"Email hanya boleh menggunakan karakter (a-z), nomor (0-9) dan simbol (. dan @), info lebih lanjut silahkan hbungi CS," demikian tertulis dalam pemberitahuan gagal email di Prakerja.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengakui, pada hari pertama pendaftaran, banyak orang yang gagal mendaftar karena email yang bermasalah. Namun menurutnya, pada hari kedua pendaftaran ini seharusnya sudah tidak ada masalah lagi.

"Kemarin memang sempat ada keluhan-keluhan mengenai kesulitan dalam membuat akun pada jam-jam pertama gelombang 12 dibuka. Tetapi sekarang seharusnya sudah tidak ada kendala lagi," ujar Louisa ketika dihubungi Tirto, Rabu (24/2/2021).

Jika Anda ingin berhasil dalam melakukan pendaftaran Prakerja, Louisa mengatakan, pendaftaran tidak perlu dilakukan terburu-buru atau dulu-duluan. Masyarakat masih punya kesempatan untuk mendaftar ke gelombang 12 Prakerja hingga 26 Februari.

"Banyak orang yang berpikir bahwa semakin cepat dia mendaftar akan semakin besar pula peluang dia untuk lolos seleksi. Padahal tidak seperti itu. Masyarakat masih ada waktu hingga 26 Februari untuk bergabung dalam seleksi gelombang 12. Proses randomisasi atau seleksi oleh sistem baru akan dilakukan setelah penutupan gelombang," kata Loiusa.

Pastikan email yang Anda masukan saat pendaftaran Prakerja adalah email yang masih aktif dan dengan ketentuan yang telah diberikan Prakerja. Jika Anda belum memiliki email aktif, Anda bisa membuat email baru di HP dengan mengikuti langkah berikut ini:

1. Unduh aplikasi Gmail melalui Google Playstore atau App Store.

2. Buka aplikasi Gmail, lalu cari menu account atau create new account.

3. Isi nama depan dan belakang, kemudian klik next dan isi tanggal lahir Anda serta jenis kelamin.

4. Klik next, kemudian pilih nama sebagai username Anda.

5. Klik next jika ternyata terdapat tulisan That username is taken, lalu try another.

6. Klik next, selanjutnya adalah memilih password Anda. Minimal 8 karakter, dengan menggunakan kombinasi huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik.

7. Klik next. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi, jika Anda ingin mengisinya kemudian klik next jika tidak Anda klik skip Akan muncul kotak Privacy and Terms, klik I Agree.

8. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

9. Selanjutnya, Anda akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight