Cara Berbelanja dan Membersihkan Bahan Makanan Saat COVID-19

Kontributor: Endah Murniaseh, tirto.id - 20 Apr 2020 16:47 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah langkah-langkah yang aman saat berbelanja di tengah pandemi virus corona COVID-19.
tirto.id - Membeli barang kebutuhan pokok merupakan salah satu aktivitas yang masih banyak dilakukan saat pandemi COVID-19. Banyak masyarakat memilih berbelanja langsung ke swalayan karena tetap dibuka meskipun di tengah pandemi virus corona dan diberlakukannya bekerja di rumah Work from Home).

Namun, meski tidak ada larangan untuk berbelanja kebutuhan, masyarakat harus tetap berhati-hati. Karena tidak dapat dimungkiri bahwa tempat perbelanjaan menjadi salah satu tempat bertemu dengan orang lain yang belum tentu dalam kondisi sehat, saat mereka berbelanja.

Untuk dapat berbelanja dengan aman saat pandemi COVID-19, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diterapkan yang dilansir dari Popular Science.

1. Sebelum berangkat menuju swalayan

  • Buat daftar belanja

Dengan membuat daftar belanjaan, Anda dapat mengetahui apa saja barang yang harus dibeli dan akan mempercepat waktu untuk belanja. Pastikan barang belanjaan tersebut cukup untuk beberapa hari ke depan, agar Anda tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja setiap hari.

  • Tentukan letak penyimpanan barang

Setelah barang-barang sampai di rumah, letakkan barang belanjaan di tempat yang bersih dan aman, barang tersebut harus diletakkan di tempat yang terpisah, agar tidak terjadi kontaminasi dengan zat lainnya.

Anda bisa menggunakan garasi, teras rumah, lorong apartemen atau pun meja dapur. Namun sebelum meletakkan barang belanjaan, Pastikan lokasi penyimpanan bersih dan lapisi dengan kain untuk kebersihan yang ekstra.

  • Gunakan tas yang bersih

Untuk menjaga kebersihan barang belanjaan, gunakanlah tas yang telah dicuci dengan sabun dan air panas agar virus dan bakteri mati.
  • Gunakan masker kain

Masker kain bermanfaat untuk mencegah keluarnya droplet, agar tidak menular ke orang lain ataupun tertular orang lain, menggunakan masker kain dirasa cukup untuk melindungi orang yang sehat, serta ramah lingkungan karena dapat digunakan berulang kali. Imbauan ini juga bermanfaat agar masker kesehatan dapat digunakan bagi mereka yang lebih membutuhkan, seperti tenaga medis.


2. Saat berada di swalayan

  • Jaga jarak aman

Saat berada di tempat perbelanjaan, tentu tidak akan tahu bertemu dengan siapa saja dan apakah orang tersebut sehat. Untuk itu, jagalah jarak dengan orang lain minimal 6 kaki hingga 10 kaki.

  • Jangan menyentuh wajah

Jangan menyentuh wajah, seperti area mata dan mulut karena berpotensi dapat menularkan virus dari barang belanjaan tersebut.

  • Gunakan Hand Sanitizer

Setelah selesai berbelanja gunakanlah hand sanitizer agar kuman dan virus yang menempel dapat mati. Saat ini, ada banyak toko yang menyediakan hand sanitizer untuk pelanggannya, namun jika Anda tidak menemukan hand sanitizer maka dapat membawa sendiri dari rumah.

Saat pandemi ini terus menyebar, banyak toko dan yang menyediakan jasa belanja secara online, yang nantinya barang akan dikirimkan ke rumah. Agar tetap aman saat berbelanja online, berikut adalah cara yang dapat dilakukan.
    • Hindari bertemu pengirim barang secara langsung
Untuk meminimalisir bertemu orang lain, hindarilah bertemu dengan kurir pengirim barang secara langsung. Anda dapat meminta kurir untuk menaruh barang di depan rumah atau area ayang aman.

    • Membayar secara elektronik
Dengan memesan online, biasanya akan terdapat pilihan untuk membayar secara elektronik ataupun transfer. Selain praktis, cara ini juga aman untuk meminimalisir kontak langsung dengan pengirim barang.

    • Memesan lebih awal
Saat sedikit orang yang keluar untuk berbelanja secara langsung, pembelian barang secara online akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dikirim. Oleh karena itu, pesanlah barang lebih awal untuk proses pengiriman yang lebih cepat dan mendapatkan buah dan sayur yang lebih segar dari biasanya.

Saat mengambil paket belanjaan Anda sendiri atau orang lain membawakan belanjaan Anda, pastikan untuk membuka pintu mobil Anda sendiri untuk menghindari pembawa barang memegang pegangan tersebut. Jika toko menyediakan pembayaran non-tunai, maka gunakanlah cara tersebut agar lebih aman.

3. Saat berada di rumah

Saat berada di rumah, bukan berarti Anda dapat menyimpan bahan makan tersebut begitu saja. Agar bahan makanan tetap terjaga kebersihannya, berikut adalah cara untuk membersihkan bahan makanan:

  • Letakkan tas di tempat yang bersih, lepaskan sepatu dan cuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun.
Meskipun telah menggunakan hand sanitizer, Anda harus tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, karena ini adalah cara yang paling tepat untuk membunuh kuman dan virus.

  • Jagalah kebersihan tempat penyimpanan bahan makanan

Agar bahan makanan tidak terkena bakteri dan virus pastikan tempat penyimpanan selalu bersih dan jagalah kebersihan diri saat berada di area penyimpanan makanan.

Cara membersihkan belanjaan dan bahan makanan

Bersihkan barang yang terbungkus plastik atau kardus dengan pembersih dan kain, lalu seka kemasan. Anda dapat menggunakan sarung tangan agar kebersihan tetap terjamin. Setelah itu, cuci tangan Anda kembali. Selain itu anda juga dapat mencuci barang belanjaan jika kemasan produk tidak mudah keropos.

Namun untuk buah dan sayur cukup cuci dengan dengan air mengalir dan gosoklah dengan benar, anda tidak perlu menggunakan sabun karena ditakutkan sabun yang digunakan tidak untuk makanan, yang akhirnya dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight