tirto.id - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto membuka pendaftaran mahasiswa baru dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri tahun 2021. Pendaftaran seleksi ini dibuka mulai 31 Mei 2021 secara daring.
SPMB Mandiri Unsoed 2021 menggunakan dua jalur, yaitu SPMB Mandiri Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SPMB Mandiri Non UTBK.
Para peserta diperbolehkan memilih kedua jalur dengan mendaftar pada masing-masing jalur dan mengikuti ketentuan yang berlaku.
Jadwal Penting SPMB Unsoed 2021
Mengutip laman SPMB Unsoed, berikut ini jadwal lengkap untuk SPMB Mandiri Unsoed 2021:
SPMB Mandiri UTBK
- Pendaftaran: 31 Mei-18 Juni 2021;
- Pengumuman: 28 Juni 2021;
- Registrasi: 5-9 Juli 2021.
SPMB Mandiri Non UTBK
- Pendaftaran: 31 Mei-2 Juli 2021;
- Pengumuman: 08 Juli 2021;
- Registrasi: 12-15 Juli 2021.
Biaya pendaftaran SPMB Mandiri ini dibagi menjadi dua: pendaftar Saintek dan Soshum dikenakan Rp300 ribu. Sementara pendaftar Campuran dikenakan Rp350 ribu. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
Cara Bayar Uang Pendaftaran SPMB Unsoed 2021
Biaya seleksi SPMB Unsoed 2021 dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Bank Jateng.
Adapun, seluruh biaya seleksi yang sudah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
1. Panduan Pembayaran di Bank BNI
Pembayaran uang pendaftaran melalui bank BNI dapat dilakukan melalui teller, ATM dan internet banking.
A. Via Teller BNI
1. Calon mahasiswa/i mendatangi Kantor cabang BNI terdekat.
2. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer).
3. Calon mahasiswa/i menginformasikan pada teller:
-Nama Universitas atau Institusi Pendidikan
-No tagihan yang diperoleh dari Universitas.
4. Teller melakukan verifikasi atas informasi pembayaran calon mahasiswa/i.
5. Apabila setelah dilakukan verifikasi data sesuai, maka calon mahasiswa/i melakukan pembayaran.
6. Setelah dilakukan pembayaran Teller akan menyerahkan receipt atau bukti bayar kepada calon mahasiswa/i.
B. Via ATM BNI
1. Calon mahasiswa/i, memasukkan kartu ATM.
2. Pilih bahasa yang akan digunakan untuk melakukan transaksi di ATM.
3. Masukkan nomor pin ATM.
4. Setelah mahasiswa/i memasukkan PIN Kartu ATM, akan muncul menu seperti berikut. Kemudian pilih “MENU LAIN”.
5. Kemudian akan muncul layar seperti dibawah ini. Kemudian pilih “PEMBAYARAN”.
6. Kemudian tampil layar seperti dibawah ini. Kemudian pilih “MENU BERIKUTNYA”
7. Kemudian pilih “UNIVERSITAS ”.
8. Kemudian pilih “STUDENT PAYMENT CENTER (SPC)”.
9. Untuk melihat Kode LMBG PENDIDIKAN UNTAD, pilih menu “KODE LMBG PENDIDIKAN”.
10. Akan muncul daftar kode lembaga pendidikan. Kemudian pilih “MENU ENTRY”.
11. Input kode lembaga pendidikan diikuti No tagihan yang diinginkan.
12. Apabila benar maka pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran.
13. Kemudian pilih “TABUNGAN”
14. Setelah transaksi selesai akan keluar bukti pembayaran dan harap simpan bukti tersebut.
C. Internet Banking
1. Akses ke situs Bank BNI melalui www.bni.co.id. Pilih internet banking personal, kemudian input user ID dan password. Pilih Menu Transaksi – Pembelian/Pembayaran – Pembayaran Tagihan – Biaya Pendidikan.
2. Pengisian Data sebagai berikut :
- Pilih jenis layanan dari dropdown Tipe Layanan.
- Pilih nama perguruan tinggi di dropdown Perguruan Tinggi.
- Masukkan nomor tagihan yang didapat ke kolom Nomor Tagihan.
- Pilih nomor rekening yang akan digunakan sebagai nomor rekening yang akan didebet.
- Klik "Lanjutkan".
3. Akan muncul Layar Konfirmasi. Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure.
4. Input Nomor Respons dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI, lalu klik bayar.
5. Selanjutnya simpan bukti pembayaran dengan memilih format file yang akan di cetak.
6. Lalu klik icon di atas untuk mengunduh bukti pembayaran atau dengan mencetak halaman dengan mengklik ikon printer.
2. Panduan Pembayaran di Bank Mandiri
Pembayaran uang pendaftaran melalui Bank Mandiri dapat dilakukan melalui Teller, ATM dan Internet Banking.
A. Via Teller Bank Mandiri
1. Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment dengan menuliskan pembayaran Universitas Jendral Soedirman dan Nomor Inputan di kolom berita pada slip setoran sesuai jenis pembayaran yang dimaksud.
2. Selanjutnya masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan jenis transaksi pembayaran pada kolom nominal setoran.
B. Via ATM Mandiri
1. Login.
2. Pilih menu “PEMBAYARAN/PEMBELIAN”.
3. Pilih sub menu “PENDIDIKAN” atau “MULTIPAYMENT” (ATM Non Tunai).
4. Masukan kode penyedia jasa Universitas Jendral Soedirman: 10050.
5. Masukan Nomor Inputan 1 sesuai dengan jenis pembayaran yang dimaksud. Selanjutnya akan muncul tagihan pembayaran.
6. Pilih tagihan yang akan dibayar, lalu tekan Ya.
7. Lihat Konfirmasi pembayaran, jika benar tekan Ya.
8. Receipt akan tercetak jika transaksi berhasil.
C. Internet Banking
1. Akses ke situs Bank Mandiri:www.bankmandiri.co.id.
2. lalu login ke internet banking dengan memasukkan user ID dan password.
3. Setelah masuk ke menu utama, pilih menu “PEMBAYARAN”.
4. Pilih sub menu “PENDIDIKAN”.
5. Pilih kode penyedia jasa 10050 Universitas Jendral Soedirman.
6. Masukkan Nomor Inputan1 sesuai dengan jenis pembayaran yang dimaksud.
7. Selanjutnya akan tampil tagihan yang harus dibayar.
8. Pilih tagihan yang akan dibayar, lalu tekan Lanjutkan.
9. Selanjutnya akan tampil halaman konfirmasi , jika benar masukkan PIN/Challenge Code, kemudian pilih kirim.
10. Receipt akan tercetak jika transaksi berhasil.
3. Panduan Pembayaran di Bank BRI
Pembayaran uang pendaftaran melalui bank BNI dapat dilakukan melalui Teller, ATM, Internet Banking dan Mobile Banking.
A. Via Teller Bank BRI
1. Calon mahasiswa/i mendatangi Kantor cabang BRI terdekat.
2. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer).
3. Calon mahasiswa/i menginformasikan pada teller:
- Nama Universitas atau Institusi Pendidikan
- No tagihan yang diperoleh dari Universitas.
4. Teller melakukan verifikasi atas informasi pembayaran calon mahasiswa/i.
5. Apabila setelah dilakukan verifikasi data sesuai, maka calon mahasiswa/i melakukan pembayaran.
6. Setelah dilakukan pembayaran teller akan menyerahkan Receipt atau bukti bayar kepada calon mahasiswa/i.
B. Via ATM BRI
1. Mahasiswa/i memasukkan kartu ATM.
2. Pilih bahasa yang akan digunakan untuk melakukan transaksi di ATM.
3. Masukkan nomor PIN ATM mahasiswa/i.
4. Setelah mahasiswa/i memasukkan PIN Kartu ATM, akan muncul menu seperti berikut. Kemudian pilih “MENU LAINNYA”.
5. Kemudian pilih “PEMBAYARAN/PEMBELIAN”.
6. Kemudian pilih “LAINNYA”.
7. Kemudian pilih “PENDIDIKAN ”.
8. Kemudian pilih “SPP ”.
9. Untuk melihat Kode LMBG PENDIDIKAN, pilih menu “DAFTAR KODE UNIV/INSTITUSI”.
10. Akan muncul daftar kode lembaga pendidikan. Kemudian pilih “LANJUTKAN”.
11. Input kode lembaga pendidikan diikuti No Tagihan/NPM/NIM yang diinginkan.
12. Kemudian akan muncul layar konfirmasi. Apabila benar maka pilih “TEKAN JIKA YA” untuk melakukan pembayaran.
13. “TEKAN JIKA YA” Setelah transaksi berhasil akan keluar “Receipt/ Bukti Bayar”. Harap simpan bukti tersebut sebagai Bukti Pembayaran Anda.
C. Internet Banking
1. Akses ke situs Bank BRI melalui ib.bri.co.id.
2. Masukan User ID dan Password, klik Masuk.
3. Pilih Menu Pembayaran – Pembayaran Pendidikan.
4. Akan muncul Layar Konfirmasi Data.
5. Masukkan Password dan mToken yang sudah dikirim melalui SMS ke nomor Anda, lalu klik Kirim.
6. Untuk transaksi berhasil akan tampil layar konfirmasi, selanjutnya simpan bukti pembayaran selesai.
D. Mobile Banking
1. Akses/Buka BRI Mobile di smratphone Anda dan Pilih Mobile Banking BRI.
2. Kemudian pilih menu Pembayaran.
3. Pilih Menu Pembayaran Pendidikan.
4. Pilih Kode dan nama Universitas, kemudian masukkan Kode Billing pembayaran – lalu klik OK.
5. Masukkan PIN ATM Anda, kemudian klik SEND.
6. Selanjutnya akan muncul perintah untuk melanjutkan transaksi, pilih OK.
7. Lalu klik kirim pesan pembayaran.
8. Pilih Kirim untuk melakukan pembayaran, selesai.
10. Receipt akan tercetak jika transaksi berhasil
4. Panduan Pembayaran di Bank Jateng
Pembayaran uang pendaftaran melalui bank Bank Jateng dapat dilakukan melalui teller dan ATM.
A. Via Teller
1. Calon mahasiswa/i datang ke teller pembayaran Bank Jateng dan menyebutkan nomor tagihan.
2. Teller akan memproses tagihan Anda sesuai dengan data tagihan universitas.
3. Jika pembayaran berhasil, pihak bank akan memberi bukti pembayaran.
B. Via ATM Bank Jateng
Pembayaran biaya pendidikan host to host via ATM dapat dilakukan menggunakan mesin ATM Bank Jateng dan BPD Card.
1. Nasabah memasukkan kartu (BPD Card) dan pin.
2. Pada layar akan muncul jenis transaksi, kemudian pilih menu “PEMBAYARAN”.
3. Pilih menu “UNIVERSITAS” untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan.
4. Pilih menu “NOMOR INDUK EDUKASI” untuk memasukkan nomor tagihan.
5. Masukkan ID Universitas, kemudian tekan Benar (ID Unsoed: 020).
6. Tekan “Koreksi” untuk edit ID Universitas dan tekan “DAFTAR ID UNIV” untuk melihat ID universitas.
7. Masukkan nomor tagihan.
8. Tekan “Koreksi” untuk edit nomor tagihan dan tekan “SELANJUTNYA” untuk proses selanjutnya.
9. Pilih jenis rekening yang Anda gunakan, contohnya “Rekening Tabungan”.
10. Akan muncul tagihan pendidikan Anda pada layar ATM.
11. Tekan tombol “BAYAR TAGIHAN NO 1” untuk memproses taghan.
12. Pembayaran selesai dilakukan.
Secara lebih lengkap, berikut ini adalah link panduan cara pembayaran uang pendaftaran Unsoed 2021.
Panduan Pembayaran SMPB UNSOED 2021 Via Bank BNI
Panduan Pembauaran SMPB UNSOED 2021 Via Bank Mandiri
Panduan Pembayaran SMPB UNSOED 2021 Via Bank BTN
Panduan Pembayaran SPMB UNSOED 2021 Via Bank BRI
Panduan Pembauaran SPMB UNSOED 2021 Via Bank Jateng.
Editor: Dipna Videlia Putsanra