Menuju konten utama

Cara Atasi Kendala Sertifikat Vaksin COVID-19 yang Belum Muncul

Cara mengatasi kendala sertifikat vaksin COVID-19 yang belum muncul di aplikasi PeduliLindungi. 

Cara Atasi Kendala Sertifikat Vaksin COVID-19 yang Belum Muncul
Warga membuka aplikasi PeduliLindungi untuk mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 internasional di Jakarta, Senin (31/1/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

tirto.id - Sebagian masyarakat masih mengeluhkan beberapa permasalahan sertifikat vaksinasi COVID-19. Ada yang salah data, ada juga yang belum mendapatkan sertifikat padahal sudah divaksinasi.

Permasalahan tersebut tentu dapat menjadi kendala dalam beraktivitas, mengingat keberadaanya yang tergolong penting. Sertivikat vaksinasi COVID-19 saat ini menjadi salah satu syarat wajib untuk melakukan perjalanan atau syarat akses masuk ke sejumlah fasilitas publik.

Beberapa kendala yang dikeluhkan masyarakat diantaranya adalah ketidaksesuaian data peserta vaksinasi dan belum bisa mengunduh sertifikat vaksinasi COVID-19.

Ketidaksesuaian data peserta vaksinasi tentunya dapat menyebabkan kesalahan pada kartu vaksin maupun sertifikat vaksin.

Cara Download Sertifikat Vaksinasi COVID-19

Sertifikat vaksin akan muncul 1x24 jam setelah data diinput oleh petugas vaksinasi. Lakukan langkah-langkah berikut untuk cek status vaksinasi dan klaim sertifikat vaksin di website dan aplikasi PeduliLindungi.

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendownload sertivikat vaksinasi COVID-19:

Cara pertama (website):

1. Kunjungi pedulilindungi.id/periksa-sertifikat

2. Login dengan akun terdaftar, jika belum punya akun registrasi terlebih dahulu

3. Setelah berhasil login, periksa sertifikat vaksinasi COVID-19 dengan memasukkan data yang diperlukan.

4. Sertifikat vaksin akan muncul dan Anda bisa melanjutkan klaim di aplikasi PeduliLindungi.

Cara kedua (aplikasi):

1. Update PeduliLindungi ke versi terbaru

2. Buka aplikasi PeduliLindungi

3. Registrasi atau login dengan akun terdaftar

4. Pilih menu “Sertifikat Vaksin”

5. Klik “Klaim Sertifikat”

6. Masukkan data yang diperlukan

7. Klaim tombol “Klaim"

Cara ketiga (chatbot):

Hubungi chatbot Kemkes RI pada nomor 0811 10 500 567 dan pilih menu "Sertifikat Vaksin" dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan nomor telepon yang terdaftar pada akun PeduliLindungi

2. Silahkan input 6 digital kode OTP yang dikirim pada chat room atau SMS

3. Selanjutnya pilih "Download Sertifikat" dan masukkan Nama dan NIK Anda

4. Pilih sertifikat yang ingin diunduh (download)

5. Sertifikat Anda akan muncul dan siap diunduh

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, pabila terjadi kesalahan status vaksinasi, seperti vaksinasi lengkap tapi baru terdata satu kali disarankan untuk menghubungi Faskes tempat melakukan vaksinasi agar dibantu input data vaksinasi yang belum tercatat ke sistem PCare.

Sudah vaksin, tapi belum muncul sertifikat

Dilansir dari laman Instagram @pedulilindungi.id, apabila sertifikat vaksin sudah muncul tapi belum melakukan vaksinasi booster, maka dapat langsu menghubungi WhatsApp Kemenkes RI 0811 10 500 567 dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ketik “Hai” untuk memulai

2. Pilih menu “Data vaksinasi”

3. Pilih kategor “Vaksin di Indonesia”

4. Ketik “Ya” untuk terhubung dengan petugas.

Cara Mengatasi Kesalahan Data Diri

Dilansir dari laman Instagram @pedulilindungi.id, apabila terdapat salah nama dan tanggal lahir, maka dapat langsung menghubungi WhatasApp Kemenkes RI pada nomor 0811 10 500 567 dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pilih menu “Sertifikat Vaksin”

2. Isi data yang ditanyakan

3. Masukkan kode OTP

4. Pilih “Ubah Info Diri”.

Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan lainnya dari Ruhma Syifwatul Jinan

tirto.id - Kesehatan
Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Yandri Daniel Damaledo