Cara Aktifkan Dark Mode Google Docs, Sheets & Slides Versi Android

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 8 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para pengguna Google Docs, Sheets, dan Slides versi Android saat ini bisa menggunakan mode gelap atau dark mode.
tirto.id - Mode gelap atau dark mode selama ini telah hadir di banyak tampilan antarmuka pengguna (user interface) smartphone. Dengan kemampuan menghemat konsumsi daya di perangkat dengan display OLED atau AMOLED, dark mode diminati oleh banyak pengguna.

Namun, meskipun sebagian orang lebih merasa nyaman memakai dark mode, mode ini juga memiliki kelemahan. Dikutip dari Techaheadcorp, tema gelap tidak selamanya bagus untuk eye strain (mata lelah). Apalagi jika digunakan dalam cahaya yang terang. Untuk konten yang panjang, membaca teks dalam tampilan dark mode juga lebih menantang.

Sedangkan menurut American Optometric Association, dark mode tidak cocok untuk penderita astigmatism atau mata silinder. AOA mengatakan, penderita astigmatism (hampir 50 persen dari populasi) menemui kesulitan saat membaca teks berwarna putih dengan latar hitam, dibandingkan teks berwarna hitam dengan latar belakang putih.

Kendati demikian, dark mode tetap saja populer dalam beberapa tahun belakangan ini dan sudah diadopsi oleh banyak perusahaan teknologi. Google merupakan salah satu perusahaan yang rutin menghadirkan mode gelap di produk-produknya.

Yang terbaru, perusahaan yang dikomandani oleh Sundar Pichai ini menghadirkan dukungan dark mode ke dalam layanan Google Docs, Sheets, dan Slides versi Android.

Dikutip dari Google Blog, pada Rabu (8/7/2020) mode gelap itu akan menyesuaikan tampilan antarmuka produk dan konten berbasis user-generated sehingga lebih bisa dipakai dalam kondisi minim cahaya. Dark mode ini juga diklaim mampu menghemat baterai.

Adapun mode gelap untuk Google Docs, Sheets, dan Slides akan otomatis aktif ketika sistem Android telah diset ke tampilan dark mode. Mode ini juga bisa diset secara manual dengan catatan akun pengguna sudah disambangi fitur baru ini.

Berikut langkah-langkah pengaturan dark mode di Google Docs, Sheets, dan Slides versi Android:

1. Buka Sheets, Docs, atau Slides dan lakukan tap di tombol menu yang ada di pojok kiri atas.
2. Tap Settings dari daftar opsi.
3. Pilih Choose Theme.
4. Pilih Dark.

Dark mode akan tersedia bagi konsumen G Suites dan para penggguna dengan akun pribadi. Mode ini akan dirilis secara bertahap untuk pengguna ponsel atau tablet Android dalam beberapa minggu ke depan. Belum diketahui apakah mode serupa juga akan hadir di versi iOS.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight