tirto.id - Perkembangan dunia digital di Indonesia dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai hal, salah satunya adalah jual-beli. Kemunculan e-commerce di Indonesia membuat kegiatan jual-beli menjadi lebih mudah. Masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah untuk menjual atau membeli barang yang diinginkan.
Di Indonesia, banyak situs/perusahaan yang menawarkan layanan e-commerce. Situs/perusahaan ini banyak macamnya, ada yang menjual satu jenis barang saja, hingga ada yang menjual berbagai jenis barang, dari elektronik hingga kesehatan. Di antara berbagai situs e-commerce, salah satu yang paling terkenal adalah Bukalapak.
Startup yang termasuk kategori Unicorn ini menyediakan 'lapak' untuk berjualan di dunia maya. Siapa saja bisa menggunakan 'lapak' ini untuk menggelar tikar dan berdagang secara gratis.
Perusahaan yang berdiri sejak 2010 ini memberikan banyak layanan yang memudahkan transaksi. Pembeli dapat melakukan tracking pada barang yang mereka beli, pembayaran melalui perantara Bukalapak sehingga aman dari penipuan, hingga jaminan uang kembali bila barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan. Selain itu, Bukalapak juga memberikan layanan yang memudahkan pembeli dalam mengirim pengaduan.
Tak jarang barang yang dipesan terlambat datang. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor: kelalaian petugas ekspedisi, kesalahan sistem, hingga kendala teknis pengiriman. Untuk itu, Bukalapak memberikan layanan khusus pengaduan barang pesanan yang belum sampai tujuan. Layanan ini tersedia pada situs dan aplikasi Bukalapak.
Berikut langkah untuk melakukan pengaduan di Bukalapak.
Melalui Situs Bukalapak
1. Login ke akun Bukalapak.
2. Klik menu 'Transaksi' pada bagian kanan atas layar, lalu klik 'Lihat Semua Transaksi'.
3. Cari transaksi yang bermasalah, lalu klik tombol 'Komplain'.
4. Pilih alasan pengajuan komplain 'Barang belum saya terima', lalu klik 'Lanjutkan'.
5. Tim BukaBantuan akan menanggapi aduan pembeli melalui surel dalam waktu 1 x 24 jam.
Melalui aplikasi Bukalapak
1. Login ke akun Bukalapak.
2. Klik menu 'Transaksi' pada bagian bawah layar.
3. Cari transaksi yang dianggap bermasalah, lalu klik transaksi tersebut.
4. Setelah itu, akan muncul halaman Detail Pembelian. Klik tombol 'Komplain'.
5. Pilih alasan pengajuan komplain 'Barang belum saya terima', lalu klik tombol 'Kirim Komplain'.
6. Komplain berhasil terkirim. Tim BukaBantuan akan menanggapi aduan tersebut melalui surel dalam waktu 1 x 24 jam.
Dengan menggunakan cara di atas pembeli juga bisa melaporkan berbagai masalah yang ditemui. Misalnya, sistem yang error, bugs dari situs atau aplikasi, hingga masukan untuk Bukalapak. Silakan pilih kategori masalah sesuai yang ingin dilaporkan. Sebab, setiap kategori masalah memiliki formulir laporan yang berbeda-beda.
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Yantina Debora