STOP PRESS! Polisi Ungkap Sindikat Bisnis Ujaran Kebencian

Calvin Harris Konsisten Jadi DJ dengan Gaji Tertinggi

Calvin Harris Konsisten Jadi DJ dengan Gaji Tertinggi
DJ Calvin Harris. FOTO/Reuters
09 Agustus, 2017 dibaca normal 1 menit
Calvin Harris menempati posisi teratas sebagai DJ dengan penghasilan tertinggi versi Forbes selama lima tahun berturut-turut.
tirto.id - Calvin Harris menempati posisi teratas sebagai DJ dengan penghasilan tertinggi versi Forbes selama lima tahun berturut-turut.

DJ Skotlandia ini memperoleh 48,5 juta dolar AS berkat biaya kolaborasi bersama enam figur publik untuk pertunjukan Las Vegas dan tujuh tokoh untuk penampilan festival musik. Lagu hitnya berjudul "Feels" bahkan berhasil memadukan tokoh-tokoh seperti Katy Perry, Big Sean, dan Pharrell Williams.

Dalam menyusun daftar DJ berpenghasilan tinggi itu, Forbes memperhitungkan pendapatan dari Juni 2016 sampai Juni 2017. Biaya untuk agen, manajer, dan pengacara tidak dikurangi meskipun tidak ada DJ wanita dalam daftar tahun ini. Sebanyak 10 DJ itu berasal dari AS dan Eropa Utara.

Namun, usia memainkan faktor keragaman mengingat dalam daftar itu David Guetta (49) menempati posisi nomor 7 dan Martin Garrix berusia 21 tahun mendarat di peringkat 9.

Dengan penghasilan 39 juta dolar AS, Tiësto sudah memainkan 134 pertunjukan selama periode penilaian Forbes. DJ Belanda berusia 48 tahun itu menempati urutan dua, menyaingi duo Amerika The Chainsmokers yang ada di posisi tiga dengan penghasilan 38 juta dolar AS. Hanya dalam setahun terakhir, The Chainsmokers meraup lebih dari 2,2 miliar siaran dari single mereka "Paris," "Closer", dan "Something Just Like This."

Di nomor 8, DJ Marshmello anonim, yang tampil dengan topeng putih, menghasilkan 21 juta dolar AS. Di antara daftar itu, masuk pula Skrillex, Steve Aoki, Diplo, David Guetta, dan Zedd melengkapi daftarnya.

Menurut Forbes, Guetta masih menjaring jutaan penghasilan dengan menggabungkan pertunjukan festival dengan pertunjukan klub dari Ibiza ke Las Vegas. Dia tetap menjadi salah satu dari sedikit seniman EDM yang memiliki kesuksesan pop mainstream, bekerja dengan orang seperti Rihanna, Sia, dan Usher.

"Ketika saya mulai, musik kami ada di bawah tanah," kata Guetta kepada Forbes. "Tidak ada musik DJ yang ada di radio."

Daftar 10 besar teratas ada di bawah ini, seperti dikutip dari Forbes.

1. Calvin Harris ($ 48,5 juta)
2. Tiësto ($ 39 juta)
3. The Chainsmokers ($ 38 juta)
4. Skrillex ($ 30 juta)
5. Steve Aoki ($ 29,5 juta)
6. Diplo ($ 28,5 juta)
7. David Guetta ($ 25 juta)
8. Marshmello ($ 21 juta)
9. Martin Garrix ($ 19,5 juta)
10. Zedd ($ 19 juta)

Baca juga artikel terkait EDM atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword