Calon Menteri PDIP, Djarot: Megawati Tak Pernah 'Slintutan'

Oleh: Bayu Septianto - 9 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menurut Djarot, Megawati tak pernah diam-diam saat menyampaikan kebijakannya kepada para kadernya, terutama untuk posisi calon menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.
tirto.id - Politikus PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, nama-nama kader PDIP yang bakal mengisi kursi menteri di kabinet Joko Widodo akan langsung diumumkan Ketua Umum PDIP DPP Megawati Soekarnoputri dalam kongres.

Menurut Djarot, Megawati tak pernah diam-diam saat menyampaikan kebijakannya kepada para kadernya.

"Nggak tahu. Ibu ketua umum kami, Bu Mega, kalau menyampaikan sesuatu tidak pernah 'slintutan', slintutan itu jalan belakang. Langsung di-declare, yang declare depan umum di sidang kongres lagi, di-declare langsung," kata Djarot di sela Kongres ke V PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019).

PDIP sebagai parpol pemenang Pemilu 2019, kata Djarot, sudah seharusnya mendapatkan porsi lebih.


Ia membantah permintaan Megawati agar partainya mendapatkan porsi kursi menteri lebih bamyak dari partai lain semata untuk kepentingan partai.

"Bukan untuk kepentingan partai, bukan, untuk kepentingan bangsa dan negara karena kekuasaan itu harus didarmabaktikan. Harus dikerjakan untuk mewujudkan keadilan sosial, harus untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, harus membangkitkan kemandirian," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta partainya mendapat jatah kursi menteri terbanyak di kabinet pemerintahan Jokowi untuk periode kedua pada Kongres ke V PDIP di Bali.

Secara terbuka, Megawati bahkan mengingatkan agar Jokowi tidak melupakan jasa PDIP yang telah memenangkannya hingga dua kali. Mega mengatakan PDIP sebagai partai pemenang di legislatif merasa perlu mendapat jatah lebih dari saat ini.

Joko Widodo yang hadir di Kongres V PDIP merespons permintaan Megawati yang disampaikan secara berkelakar. Jokowi mengisyaratkan akan memenuhinya.



Baca juga artikel terkait KONGRES PDIP atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight