Cak Imin Dukung Sandi Latih Eks Pekerja Alexis ke Wisata Halal

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 3 November 2017
Cak Imin juga mengapresiasi langkah Pemprov DKI yang ingin mengembangkan wisata halal.
tirto.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab dipanggil Cak Imin mendukung rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melatih eks pekerja Hotel dan Griya Pijat Alexis sebagai pekerja wisata halal.

"Jangan sampai berceceran di jalan saja," kata Cak Imin di DPP PKB, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Cak Imin juga mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang ingin mengembangkan wisata halal. Menurutnya, itu merupakan kebijakan yang bagus.

"Kalau itu sebuah pasar, ceruk pasar tertentu, sangat positif. Tapi harus persiapannya matang," kata Cak Imin.

Persiapan tersebut, kata dia, dengan cara mengkaji secara matang langkah-langkah penerapan konsep wisata halal agar dapat menyaingi kota-kota di Malaysia yang menurutnya telah sukses dengan kunjungan jutaan wisatawan.

"Nah Indonesia ini belum sampai jutaan. Mestinya di Indonesia yang kaya ini bisa. Banyuwangi telah coba wisata halal. Pantai halal. Laku keras," kata Cak Imin.

Wacana mengembangkan wisata syariah disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Sandi mengatakan Pemrov DKI akan bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah untuk melatih pelaku usaha hiburan, termasuk staf Hotel Alexis.

“Kami dapat daftar nama dari staf hotel Alexis Grup yang harus dilatih. Masyarakat Ekonomi Syariah sudah bersedia, pemprov nanti jadi pendamping untuk konsultasi dan advokasi," kata Sandiaga, seperti dikutip Antara.

Sandiaga mengatakan saat ini perhotelan syariah sedang marak di Bangkok, Kuala Lumpur, Seoul, dan Tokyo. Ia memastikan beberapa hotel di Jakarta sudah menerapkan konsep syariah.

“Saat ini hotel syariah sedang didata di Jakarta, tapi beberapa yang sudah saya kunjungi langsung di Sofyan, Tebet maupun di Menteng. Dan ada beberapa hotel di wilayah Jakarta Timur,” kata Sandiaga.

Baca: Manajemen Alexis Siap Menerapkan Konsep Wisata Syariah

Baca juga artikel terkait PENUTUPAN ALEXIS atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight