Premier League Liga Inggris

Bursa Transfer EPL: Chelsea Resmi Beli Ben Chilwell dari Leicester

Oleh: Beni Jo - 27 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Chelsea secara resmi membeli Ben Chilwell dari Leicester City dengan kontrak selama 5 tahun ke depan.
tirto.id - Chelsea resmi membeli Ben Chilwell dari Leicester City dengan kontrak selama 5 tahun ke depan dalam bursa transfer jelang EPL Premier League 2020/2021. The Blues mengeluarkan dana 50 juta paun untuk memboyong pemain Timnas Inggris yang biasa berposisi sebagai bek kiri tersebut.

"Ben Chilwell menjadi anggota The Blues. Penggawa dengan posisi bek kiri itu menandatangani kontrak dengan jangka waktu lima tahun. Pemain internasional Inggris ini bergabung dengan kami dari Leicester City, klub tempat ia memulai karier profesional," tulis pernyataan Chelsea, dikutip laman resmi, Rabu (26/8/2020).

Sang pemain merasa bangga bisa bergabung dengan Chelsea. Ben Chilwell menyatakan, menjadi anggota tim asuhan Frank Lampard yang diperkuat banyak pemain muda merupakan tantangan tersendiri. Ia pun siap mempersembahkan gelar untuk klub yang bermarkas di Stadion Stamford Bridge tersebut.

"Saya merasa senang bisa bergabung dengan Chelsea. Menjadi bagian dari skuad muda dan dinamis yang dipimpin Frank Lampard adalah sebuah tantangan untuk bisa meraih gelar musim depan," tutur Chilwell.

"Saya sudah tidak sabar untuk bisa memulainya dan berharap segera dapat bermain di depan para fans Chelsea di Stamford Bridge," tambahnya.

Transfer Ben Chilwell

Menurut laporan Sky Sport, Chelsea disebutkan diperkirakan mengeluarkan dana sebesar 50 juta paun untuk bisa memboyong Ben Chilwell dari Leicester City.

Dalam analisis Peter Smith, harga ini memang tidak cukup murah. Pasalnya, sang pemain masih dalam kondisi ikatan kontrak dengan The Foxes dan baru berakhir pada 2024 mendatang. Selain itu, pihak klub juga tidak terlalu berkepentingan untuk segera menjual Chilwell.

Bagi tim juara Liga Inggris 2015/2016 itu, harga besar yang didapatkan ini sudah pernah dilakukan saat melego Harry Maguire ke Manchester United dengan biaya 80 juta paun pada Agustus 2019 lalu.

Leicester sendiri tidak menyebutkan dana yang didapat dari proses transfer tersebut. Meskipun demikian, tim yang ditukangi Brendan Rodgers ini memberikan penjelasan jika hasilnya merupakan salah satu transfer termahal yang pernah diperoleh selama ini.

"Leicester City mengonfirmasi bahwa kesepakatan telah dicapai dalam penjualan Ben Chilwell ke Chelsea untuk biaya yang tidak diungkapkan," tulis mereka, dilansir situs web klub.

"Bek kiri berusia 23 tahun itu adalah anggota dari Akademi Leicester City dan nilai transfernya akan membuat tim yang bermarkas di Stamford Bridge itu perlu untuk membayar salah satu biaya transfer terbesar yang pernah diterima The Foxes," tambah Leicester.


Perjalanan Karier Ben Chilwell

Pemain dengan nama lengkap Benjamin James Chilwell ini dipromosikan ke skuad utama Leicester City pada 2015/2016. Sebelumnya, ia merupakan anggota skuat akademi The Foxes.

Pada musim debut perdananya, Ben Chilwell sempat menjalani masa peminjaman ke Huddersfield Town yang tampil di Divisi Championship selama setengah musim.

Kepercayaan penuh dari Leicester baru ia dapatkan pada musim 2017/2018. Kala itu, Chilwell mencatatkan sejumlah 24 laga di Liga Inggris dan 32 penampilan secara keseluruhan.

Semusim berikutnya, pemain kelahiran 21 Desember 1996 bahkan dipasang dalam 36 pertandingan di Premier League.

Di EPL Liga Inggris 2019/2020 lalu, Ben Chilwell termasuk pilar utama yang diandalkan pelatih Brendan Rodgers di lini belakang The Foxes dan tampil dalam 27 laga.

Secara keseluruhan, pemilik sejumlah 11 caps bersama Timnas Inggris tersebut mencatatkan 123 pertandingan dengan melesakkan 4 gol saat mengenakan seragam Leicester di semua kompetisi sebelum hijrah ke Chelsea.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight