Bupati Banyumas: Anggota DPRD Terkonfirmasi COVID-19 Bertambah

Oleh: Reja Hidayat - 24 Agustus 2020
Bupati Banyumas Achmad Husein menyatakan anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah.
tirto.id - Bupati Banyumas Achmad Husein menyatakan anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah satu orang sehingga menjadi tiga orang.

"Kemarin tambah satu (yang terkonfirmasi positif COVID-19). Jadi totalnya ada tiga orang, kebetulan satu rombongan dengan dua anggota yang pertama terkonfirmasi positif," kata Achmad di Purwokerto, Senin (24/8/2020) dilansir dari Antara.

Selain itu, kata dia, ada istri dan anak dari salah seorang legislator tersebut yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Jadi ada lima orang. Tiga orang di antaranya anggota DPRD, dua orang merupakan keluarga salah satu anggota DPRD itu," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Supangkat mengatakan dua anggota Dewan terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19 pada Jumat (21/8). Dampaknya Gedung Gedung DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup sementara.

"Kami selaku pimpinan mendengar adanya beberapa anggota yang sakit dan ada dua yang terkonfirmasi positif (COVID-19)," kata Supangkat

Ia menjelaskan ada empat Anggota DPRD Kabupaten Banyumas yang sakit, dua di antaranya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Oleh karena itu, pihaknya mengambil langkah untuk melakukan sterilisasi atau penyemprotan disinfektan serta melakukan tes usap terhadap seluruh Anggota DPRD, karyawan dan tenaga harian lepas (THL) pada Sabtu ini.

Selain itu, lanjut dia, seluruh kegiatan DPRD Kabupaten Banyumas juga dihentikan sementara selama enam hari terhitung sejak hari Jumat (21/8) hingga Rabu (26/8) sambil menunggu hasil tes swabnya.

Berdasarkan data pantauan COVID-19 yang disajikan melalui laman covid19.banyumaskab.go.id per tanggal 24 Agustus 2020, pukul 15.11 WIB, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sejak bulan Maret 2020 di Kabupaten Banyumas secara keseluruhan tercatat sebanyak 295 orang.

Dari jumlah tersebut diketahui sebanyak 235 orang atau 79,7 persen dinyatakan sembuh, 53 orang atau 17,9 persen dalam perawatan, dan 7 orang atau 2,4 persen meninggal dunia.


Baca juga artikel terkait KLASTER CORONA atau tulisan menarik lainnya Reja Hidayat
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Reja Hidayat
Editor: Reja Hidayat
DarkLight