Budi Arie Janji Proyek BTS yang Mangkrak Selesai Tahun Ini

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 28 Nov 2023 12:09 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menargetkan 5.000 BTS bisa diselesaikan akhir tahun ini.
tirto.id - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengakui akan merampungkan proyek pembangunan base transceiver station (BTS). Dia mengklaim 5.000 BTS akan bisa diselesaikan akhir tahun ini.

"Tahun ini, BTS yang mangkrak akan mudah-mudahan bisa selesai,” kata Budi usai menghadiri acara Indonesia Digital Summit 2023, Grand Ballroom, Four Seasons Hotel Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Budi Arie mengakui akan mendorong semua titik untuk meningkatkan pemerataan pembangunan kecepatan internet. Tentu hal itu juga akan meningkatkan ekosistem digital di Indonesia.

"Di seluruh Indonesia titik kita eksplorasi," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menagih janji proyek
BTS kepada Budi Arie Setiadi. Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat memberikan sambutan di acara Indonesia Digital Summit 2023, Grand Ballroom, Four Seasons Hotel Jakarta, Selasa (28/11/2023).

"Saya bilang sama Pak Budi Arie BTS di daerah dulu janjinya 75.000 desa di Indonesia connected digitally, puskesmas 10.000 harusnya connected digitally, 240.000 sekolah dasar di seluruh madrasah semuanya akan digitally connected. Jadi, aku nagih sama menterinya yang sekarang. Sip, sip, sip gitu," kata Sri Mulyani.

Dia menuturkan, selama pandemi COVID-19, Kominfo menjadi kementerian yang mendapatkan tambahan anggaran. Penambahan anggaran tersebut direncanakan untuk pembangunan satelit, termasuk proyek BTS.

"Saat COVID-19 semua lembaga anggarannya dipotong untuk ngurusin COVID-19, satu-satunya yang ditambahkan adalah tempatnya Pak Budi Arie yaitu Kominfo untuk pembangunan satelit, fiber optic, BTS, dan lainnya," ungkap Sri Mulyani.



Baca juga artikel terkait PROYEK BTS atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight