BTS Artis K-Pop Pertama yang Jadi Presenter di Grammy Awards 2019

Oleh: Maria Ulfa - 11 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTS menjadi artis K-Pop pertama yang membacakan nominasi untuk Grammy Awards
tirto.id - Boy group asal Korea Selatan BTS menjadi artis K-Pop pertama yang membacakan nominasi untuk Grammy Awards 2019 pada Minggu (10/2/2019) waktu setempat.

BTS membacakan nominasi untuk kategori Best R&B Album dan menyerahkan penghargaan kepada H.E.R sebagai pemenang kategori tersebut.

“Tumbuh di Korea Selatan, kami selalu bermimpi berada di panggung Grammy. Terima kasih untuk semua penggemar kami yang membuat mimpi ini menjadi nyata, dan kami akan kembali,” ujar RM di panggung Grammy seperti dilansir Variety.


Sebelumnya, Grammy telah mengkonfirmasi bahwa terdapat tambahan presenter yang akan membacakan nominasi untuk beberapa kategori Grammy Awards, dan nama BTS masuk di dalamnya.

Mereka menjadi presenter tambahan bersama beberapa artis Internasional Charlie Wilson, Alessia Cara, Julian Edelman, Eve, John Mayer, Bob Newhart, Smokey Robinson, dan masih banyak lagi.

BTS menjadi artis K-Pop pertama yang membacakan nominasi sekaligus masuk nominasi di Grammy Awards 2019 dalam kategori Best Recording Package untuk album Love Yourself: Tear.

BTS dinominasikan bersama dengan musisi nternasional lainnya, Mitski dengan Be the Cowboy, St. Vincent dengan Masseduction, The Chairman dengan The Offering, dan Foxhole dengan Well Kept Thing.

Album ini dinominasikan bersama HuskyFox, yaitu perusahaan yang resmi terdaftar sebagai Art Directors di album Love Yourself: Tear.

Nominasi Best Recording Package ini biasanya diberikan untuk visual album yang memiliki tampilan luar biasa.

Love Yourself: Tear dipilih sebagai salah satu nominasi pada Grammy Awards 2019 karena dianggap mampu mengembangkan popularitas BTS yang kini telah mencapai skala internasional dengan mendapat urutan satu di Billboard 200 pada bulan Mei 2018 lalu. Hal tersebut menjadi langkah awal dan terobosan besar bagi industri musik Korea Selatan.

Berkat kesuksesan tersebut, BTS menjadi boy group Korea Selatan pertama yang tampil dalam ajang American Music Awards 2017, dan juga menjadi artis Korea pertama yang konser di Citi Field Stadium di New York, Amerika Serikat.


Baca juga artikel terkait GRAMMY AWARDS 2019 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani