tirto.id - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menjalankan program-program pemberdayaan untuk terus menambah jumlah pengusaha muda di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mendukung visi pemerintah dalam menyambut Indonesia Emas 2045.
Salah satu program pemberdayaan BRI untuk pengusaha muda adalah Program Pengusaha Muda Brilian (PMB) yang hadir kembali. Tahun ini adalah tahun keempat program Pengusaha Muda Brilian terselenggara, dan di tahun ini terdapat 2.196 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mendaftar. Angka tersebut menunjukkan respons positif dari pengusaha UKM Indonesia, jumlahnya meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.
Director Commercial, Small, and Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan bahwa program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan luas terhadap kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UKM, terutama untuk para pengusaha muda di Indonesia.
PMB 2024 diselenggarakan di 10 kota, termasuk dua kota penyelenggaraan baru, yaitu Palembang dan Balikpapan. Kota penyelenggaraan di Palembang mengakomodir jangkauan wilayah Sumatera Barat, sedangkan kota penyelenggaraan Balikpapan mengakomodir jangkauan wilayah Kalimantan. Ini dilakuakn melalui pertimbangan kedekatan dengan wilayah IKN dan terdapat potensi perkembangan ekonomi di sana.
“BRI memandang semangat UKM di Indonesia, khususnya di 10 kota wilayah penyelenggaraan harus terus didukung dengan kapasitas BRI sebagai lembaga keuangan yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan UKM melalui progam pemberdayaan,” ujar Amam Sukriyanto.
Kategori Pengusaha Muda Brilian bertambah menjadi 5 kategori (dari sebelumnya 4 kategori), yaitu food & beverage, fashion & wastra, accessories & beauty, home décor & craft, dan healthcare/wellness.
Nantinya, akan dipilih lima terbaik dari masing-masing kategori sebagai pemenang dan 1 juara favorit yang mendapat voting paling banyak melalui website PMB dengan hadiah total Rp390 juta dan pinjaman dengan suku bunga subsidi 0% (syarat dan ketentuan yang berlaku). Tak hanya itu, pemenang juga akan dicarikan market seperti kolaborasi dengan pasar ritel.
Salah satu contoh alumni Pengusaha Muda Brilian yang sukses adalah Orlenalycious dari Bali, yang merasakan kenaikan omset 20-30% setelah mengikuti PMB. Mereka mendapatkan dampak positif terutama dari sisi awareness, opportunity untuk collab, dan interact dengan brand lebih besar atau dengan business owner yang lain.
Diharapkan kisah inspiratif tersebut dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa.
(INFO KINI)
Penulis: Tim Media Servis