Menuju konten utama

BPS: Transaksi E-retail & Marketplace Tumbuh 6,19% di QIII-2025

Kenaikan ini sejalan dengan pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi (infokom) yang sebesar 9,65 persen secara tahunan (yoy).

BPS: Transaksi E-retail & Marketplace Tumbuh 6,19% di QIII-2025
Seorang pedagang menunjukkan barang yang dijualnya pada salah satu platform e-commerce di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (31/10/2023). ANTARA FOTO/Ahmad Muzdaffar Fauzan/Ak/tom.

tirto.id - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa transaksi e-retail dan marketplace pada triwulan III 2025 tumbuh sebesar 6,19 persen secara kuartalan (quarter to quarter/qtq).

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh. Edy Mahmud menuturkan, beberapa komoditas yang banyak dibeli masyarakat secara online antara lain kategori personal care, perlengkapan rumah tangga, transportasi, rekreasi dan olahraga, serta pakaian.

“Nilai transaksi berbagai kelompok komoditas ini mengalami peningkatan pada triwulan III 2025 dibandingkan dengan triwulan II 2025,” kata Edy dalam konferensi pers, seperti dikutip Antara, Rabu (5/11/2025).

Adapun dalam pemaparan perkembangan produk domestik bruto (PDB) kuartal III-2025, Edy menyampaikan bahwa lapangan usaha informasi dan komunikasi (infokom) tumbuh sebesar 9,65 persen secara tahunan (yoy), menjadikannya keempat tertinggi di antara pertumbuhan lapangan usaha lainnya setelah jasa pendidikan, jasa perusahaan, dan jasa lainnya.

Menurutnya, pertumbuhan informasi dan komunikasi sejalan dengan adanya peningkatan aktivitas telekomunikasi, peningkatan traffic data, dan peningkatan transaksi perdagangan melalui sistem secara elektronik.

Sebagai gambaran keseluruhan, konsumsi rumah tangga pada triwulan III 2025 tercatat tumbuh sebesar 4,89 persen (year on year/yoy). Pertumbuhan ditopang oleh konsumsi untuk transportasi dan komunikasi dengan pertumbuhan sebesar 6,41 persen.

Selain itu, pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga didorong oleh konsumsi untuk restoran dan hotel yang tumbuh tinggi sebesar 6,32 persen.

Meski tetap tumbuh, apabila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, konsumsi rumah tangga melambat baik secara tahunan (yoy) maupun kumulatif (ctc).

Pada periode yang sama tahun 2024, konsumsi rumah tangga tumbuh masing-masing sebesar 4,97 persen (yoy) dan 4,96 persen (ctc). Sementara pada triwulan III 2025 tumbuh 4,89 persen (yoy) dan 4,94 persen (ctc).

Baca juga artikel terkait E COMMERCE

tirto.id - Insider
Sumber: Antara
Penulis: Hendra Friana
Editor: Hendra Friana