Mudik Lebaran 2018

Bogor Memiliki 4 Titik Rawan Kecelakaan, Pemudik Diminta Hati-hati

Oleh: Ibnu Azis - 9 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Polres Bogor telah memasang rambu-rambu dan spanduk di sejumlah daerah menuju empat titik rawan kecelakaan.
tirto.id - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Bogor Jawa Barat AKBP Andi M Dicky mengatakan bahwa ada empat titik rawan kecelakaan di wilayah hukumnya.

"Jalur Tol Jagorawi, Jalur Bogor Puncak Cianjur (Bopuncur), Jalur Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi), dan Bogor Dramaga Leuwiliang (Bodali)," kata nya di Cibinong, Sabtu (9/6/2018).

Sebagai tindakan antisipasi, pihak Polres Bogor sudah memasang rambu-rambu dan spanduk di sejumlah daerah menuju keempat titik tersebut. Kendati demikian, antisipasi tersebut bakal maksimal bila pemudik juga mematuhi rambu lalu lintas dan melaju hati-hati dengan "santai".

"Pada kecepatan 60 hingga 70 kilometer per jam," kata AKBP Andi.

Ia menambahkan, ruas jalan Bogor Puncak Cianjur (Bopuncur) merupakan jalur yang ekstrim berupa tanjakan dan berbagai model tikungan tajam. Kendaraan roda empat maupun roda dua harus lebih berhati-hati karena daerah tersebut juga merupakan kawasan padat penduduk.

"Tentu itu semua dapat teratasi bilamana pemudik dapat lebih berhati-hati dan juga bisa mengambil jarak tempuh agar tidak terjadi kecelakaan," katanya.

Banyaknya kecelakaan yang terjadi, sebut AKBP Andi, akibat kelalaian pengemudi karena tak menjaga kondisi kendaraannya.

"Tapi juga seringkali memaksakan laju kendaraannya yang akibatnya menabrak pembatas jalan pada sisi kiri maupun kanan," katanya.

Ia juga meminta pada pemilik kendaraan roda empat agar tidak diparkir di badan jalan karena jalur tersebut terbilang sempit.

Adapun dalam mudik Lebaran 1439 Hijriah, Polres Bogor akan menerjunkan Tim Road Accident Rescue-Traffic Accident Analysis (RAR-TAA) Unit Laka Satlantas yang akan disiagakan di Pos Polisi 2B Gadog.

"RAR-TAA yang disiapkan Satlantas Polres Bogor guna menghadapi pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H," kata AKP Hasby Ristama.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik serta arus balik kendaraan pada libur Idul Fitri juga untuk memudahkan pergerakan kendaraan berdasarkan titik blankspot daerah rawan kecelakaan lalu lintas yang sudah dipetakan khususnya pada musim liburan.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight