Bob Dylan Jadi Artis Pertama dengan Album Top 40 AS Setiap Dekade

Oleh: Alexander Haryanto - 29 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Album baru Bob Dylan berjudul Rough And Rowdy Ways telah bertengger di nomor dua tangga lagu Billboard Amerika Serikat.
tirto.id - Bob Dylan baru saja merilis album baru di tahun ini berjudul Rough And Rowdy Ways. Album ini telah bertengger di nomor dua tangga lagu Billboard Amerika Serikat.

Atas pencapaian itu, Bob Dylan membuat rekor baru karena menjadi satu-satunya artis yang mencapai album Top 40 di AS dalam setiap dekade sejak 1960-an, demikian seperti dilansir NME, Senin (29/6/2020).

Menurut laporan Billboard, penyanyi dan penulis lagu legendaris itu sekarang memiliki 40 album teratas dalam tujuh dekade terakhir, dengan rincian: delapan album di tahun 1960-an, 14 album di tahun 70-an, tujuh album di tahun 80-an, empat album di tahun 90-an, tujuh album di tahun 90-an, tujuh album di tahun 90-an , sembilan album di tahun 2010-an, dan satu album di tahun 2020-an.

Sementara di Inggris, album baru Dylan menempati posisi empat teratas. Dalam ulasannya untuk album Rough And Rowdy Ways, NME memberikan ulasan bintang.

Album tersebut berisikan 10 lagu, dengan single pertama berjudul "I Contain Multitudes". Album itu juga memuat lagu "Murder Most Foul" yang berkisah tentang pembunuhan Presiden AS John F Kennedy.

Berbeda dengan lagu-lagu hitnya seperti "Blowin' In The Wind" atau "Mr Tambourine Man" yang berdurasi pendek, lagu "Murder Most Foul" justru hampir berdurasi 17 menit dan dinyanyikan dengan vokal yang datar, serta diiringi piano dan biola.

Lirik lagu "Murder Most Foul" berbicara sangat harfiah tentang pembunuhan Presiden Kennedy, dengan kecenderungan terhadap konspirasi atas peristiwa tersebut. Ia mengambil sudut pandang pada penyerang Kennedy dan menyanyikannya dengan provokatif.

Bob Dylan terakhir kali merilis album Tempest pada 2012 lalu. Dylan juga menulis sebuah penghormatan tulus kepada almarhum Little Richard bulan lalu. "Dia adalah bintangku yang bersinar dan cahaya penuntun saat aku masih kecil," kata Dylan soal penghargaannya kepada Richard. "Dia adalah roh asli yang menggerakkan saya untuk melakukan semua yang saya akan lakukan."

Berikut daftar lagu album Rough and Rowdy Ways ’Bob Dylan:

1. ‘I Contain Multitudes'
2. ‘False Prophet’
3. ‘My Own Version of You’
4. ‘I’ve Made Up My Mind to Give Myself to You’
5. ‘Black Rider’
6. ‘Goodbye Jimmy Reed’
7. ‘Mother of Muses’
8. ‘Crossing the Rubicon’
9. ‘Key West’
10. ‘Murder Most Foul’


Baca juga artikel terkait BOB DYLAN atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight