BJ Habibie Meninggal, Prabowo Kenang Cerita Cita-Cita Jadi Profesor

Oleh: Andrian Pratama Taher - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut berduka atas meninggalnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie.
tirto.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut berduka atas meninggalnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Bagi Prabowo, Habibie sudah seperti orangtua, guru, dan kawan diskusi.

"Pak Prabowo mengenal baik Pak Habibie bak orang tua sendiri, beliau sangat kehilangan, Habibie bagai guru intelektual bagi Pak Prabowo, teman diskusi pada masa-masa pemerintahan Pak Harto," kata Juru Bicara Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak saat dihubungi, Rabu (11/9/2019).

Dahnil pun menceritakan pembicaraan antara Prabowo dengan Habibie di masa lalu. Dahnil menerangkan kalau Prabowo ingin menjadi profesor, tetapi Habibie menyebut sudah sebagai profesor.

"Pak Prabowo sempat sampaikan beliau ingin menjadi prof seperti Pak Habibie, namun Pak Habibie bilang, 'Prabowo, You sudah Professor, Tentara yang intelektual, teruslah belajar, membaca'," kata Dahnil.

Dahnil menerangkan, Indonesia kini kehilangan salah satu tokoh bapak bangsa. Prabowo mendoakan semoga Habibie meninggal secara khusnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisinya.


Di saat yang sama, Dahnil menerangkan, Prabowo akan segera melayat ke tempat alm. Habibie. Ia menyatakan, Prabowo kemungkinan akan bergerak ke rumah duka. "Kemungkinan ke rumah duka" kata Dahnil.

Presiden ketiga Indonesia, B.J. Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05. Kabar meninggalnya Habibie tersebut dikonfirmasi oleh putra Habibie, Thareq Kemal Habibie.

“Innalillahi wa inna ilaihirojiun. Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi, maka tadi jam 18 lebih lima, jantungnya dengan sendiri menyerah,” kata Thareq di RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2019) malam.

BJ Habibie meninggal dalam perawatan RSPAD Gatot Soebroto. Ia sudah dirawat secara intensif di RS tersebut sejak Minggu, 8 September 2019. Selama masa perawatan, sejumlah tokoh sempat menjenguk Habibie, seperti Presiden Jokowi, Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, serta Quaraish Shihab. Rencananya Habibie akan disemayamkan di rumah duka di Blok L15/7, Jl. Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5 Jakarta Selatan.

Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight